Saturday, November 19, 2016

Karjakin Tahan Remis Magnus Carlsen - Round 6 World Chess Championship 2016 NY

Hasil remis masih menghantui perebutan gelar juara dunia catur yang sedang berlangsung di kota New York. Dwitarung antara juara dunia Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin digelar di sebuah bangunan bernama Fulton Market Building. Ini adalah bangunan bekas pasar ikan yang disulap jadi gedung serba guna. Lokasinya  terletak di Fulton Street, Manhattan.

Kedua pecatur muda berlaga sebanyak 12 round untuk menentukan siapa yang akan disebut juara catur dunia. Magnus Carlsen sudah mempertahankan gelarnya satu kali melawan ex-world champion Viswanathan Anand di tahun 2014. Sekarang pecatur Rusia Sergey Karjakin yang memperoleh hak untuk mencoba merebut tahta juara ini dari tangan si Thor Magnus Carlsen.

Sergey Karjakin hold half the match with the sixth draw result. The two players still share score 3-3 as the match goes on


Partai round ke-6 dilangsungkan hari ini waktu Amerika Serikat, tanggal 19 November 2016. Babak ke-enam ini akhirnya kembali berakhir remis, dan dalam waktu singkat pula. Kedua pecatur memilih bermain lebih safe dan tidak ngotot. Seperti dilaporkan, di round 3,4 dan 5 memang terjadi pertarungan cukup sengit di mana Carlsen menekan di round 3 dan 4, kemudian Karjakin kedapatan kesempatan bagus di round 5.

Partai ke-6 ini sedikit mengulangi round 4 yang berlangsung di pembukaan Ruy Lopez Closed. Carlsen juga yang pertama kali mendeviasi partai ini dengan melangkah ...d5 ketimbang ...d6 seperti di game ke-4. Tidak banyak yang terjadi, beberapa website catur juga memilih menggunakan kesempatan ini untuk mengistirahatkan komentator mereka. Oleh karena termasuk pula penulis turut rehat pula dan hanya komentar sangat ringan untuk partai catur round 6 ini.



Di round 7, Sergey Karjakin akan memegang buah putih lagi. Sesuai aturan pecatur secara adil memperoleh jatah buah putih setelah melewati hari istirahat.

Berikut Partai Catur Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen 1/2-1/2, WCC 2016 New York
Ruy Lopez Closed





Hasil Sementara :

Round 8
Round 9
Round 10
Round 11
Round 6 Karjakin – Carlsen 1/2-1/2
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
3

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...