Thursday, August 11, 2016

Sean Winshand Raih Perunggu Catur di Italia - Mare di Fano Open 2016

Sean Winshand bersama 13 rekan pecatur diberangkatkan ke turnamen catur Mare di Fano Open di negara Italia. Turnamen yang berarti "Turnamen Terbuka Musim Panas di tepian Laut kota Fano" (Summer International Fano Open by the Sea side) ini dihadirkan di kota Fano propinsi Pesaro, Italia. Menurut Wikipedia, kota ini hanya dihuni 60 ribuan penduduk. Yah, kira-kira sepadat satu kelurahan di Jakarta barangkali......


Turnamen catur ini digelar dari tanggal 30 Juli sampai 6 Agustus 2016 ini mempertandingkan catur klasik sembilan rounds. Sean dkk mengikuti kategori Open A, yang juga diperkuat line upnya dengan pecatur-pecatur bergelar Grandmaster dari daratan Eropa. Seed teratas dihuni GM Alexandr Fier dari Brazil disusul GM Frode Urkedal dari Norwegia. Tampak dari daftar starting up adalah pecatur kesohor GM Oleg Romanishin dari Rumania.

Sean Winshand, pecatur muda Indonesia yang sekarang bergelar International Master, akhirnya menuntaskan turnament ini dengan menduduki peringkat 3. Sean mengumpulkan nilai 6 hasil dari 9 rounds bertanding. Di peringkat teratas, tournament Mare di Fano ini dimenangkan oleh GM Alexandr Fier, secara berturut juara dua juga disabet GM Frode Urkedal. Hasil akhir ini memperlihatkan hanya Sean yang sebenarnya "hanya" seed #11 yang berhasil menyalip ke peringkat 3, melompati beberapa pecatur dengan rating yang lebih tinggi.

Dalam perjalanan juara meraih perunggu ini, Sean dihadapkan pada beberapa pecatur bergelar. Titik terbaik ada di round 4 di mana Sean mengalahkan pecatur Polandia bernama IM Piotr Nguyen. Sean kemudian dikalahkan Alexandr Fier sebelum kemudian draw melawan IM Nicolai Getz dari Norwegia. Pecatur yang hampir seangkatan Sean ini, Nicolai Getz, tampaknya puas berhadapan dengan pecatur Indonesia. Nicolai Getz berturut-turut melawan Aris TLS (menang), FM Masruri Rahman (draw) sebelumnya akhirnya ditundukkan FM Novendra Priasmoro. Di babak enam Nicolai Getz lalu berhadapan dengan Sean Winshand (remis). Hasil lainnya, IM Medina Warda Aulia juga menjadi pecatur puteri yang paling tinggi peringkatnya, atau kerennya menyabet title "best lady".

FM Novendra Priasmoro sendiri walaupun hanya meraih nilai 5.5 dan duduk di peringkat 11, adalah peserta Indonesia yang meraih point FIDE terbanyak, sebanyak 43.8 points! Menurut intipan di medsos, FM Novendra Priasmoro dikabarkan meraih norma IM nya yang kedua. Pecatur Khadijah Qurota'ain juga dilaporkan meraih norma IM yang pertama. Tournament catur Mare di Fano ini diorganisir oleh Fano Chess Club 1988 dan Dario Pedini. Hadiah pertama di Open A sekitar 800 Euro.

Final Standings 5th Summer International Festival Fano by the Sea 2016 / Mare di Fano Open 2016
1 Fier Alexandr 8,0
2 Urkedal Frode 6,5
3 Cuhendi Sean Winshand 6,0
4 Romanishin Oleg M 6,0
5 Nemeth Miklos 6,0
6 Klekowski Maciej 6,0
7 Wieczorek Oskar 6,0
8 Weichhold Pawel 6,0
9 Nguyen Piotr 6,0
10 Kholopov Alexander A. 6,0
full results HERE

Beberapa hasil lain dari Italia ini adalah :

1. MI Sean Winshand dpt Perunggu (catur standard)
2. MI Sean Winshand Juara Rapid
3. FM Novendra Priasmoro perunggu (Blitz)
4. WGM Medina Warda Aulia best lady (standard)
5. Khadijah Qurota' Ain best lady ke 2

Partai Catur Sean Cuhendi Winshand vs Nicolai Getz 1/2-1/2, Fano Italy 2016

Partai Catur Priasmoro Novendra vs Nicolai Getz 1-0, Fano Italy 2016


The winners of Fano Chess Open A 2016 - 1st Alexandr Fier, 2nd Frode Urkedal, 3rd Sean Winshand
photo from Sean Winshand's Facebook
GM Alexandr Fier wins the 5th Summer International Festival Fano by the Sea 2016. It is a chess tournament organized in the seaside of eastern Italy region. GM Frode Urkedal in the 2nd place and Indonesian chess IM Sean Winshand in the 3rd place. Indonesian contingent brings up a strong 14 chess players to play in Italy. 

More about this tournament from their official website :

The tournament is organized by the Fano Chess Club 1988 and Dario Pedini. The club celebrated its 25th anniversary in 2013. Awarded with Bronze Star by CONI. The organizing team has been holding the Italian Rapid Championships for the past six years.

In the middle of the summer, chess aficionados will have an opportunity to enjoy sea, delicious Italian food and serious chess in the company of a number of invited GMs and IMs. The Open section is composed of five parts: A group (> 1900), B group (<2000 1600="" a="" and="" c="" final="" group="" i="" rapid="" tournament.="" u-16="">

Open A and Open B will be held over 9 rounds of Swiss system; 7 rounds for Open C and U16.
Time control: 90′ x 40 + 15′ + 30” from beginning
Top prize in the Open A is 800 EUR. The total prize fund is 8.000 EUR. 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...