Sunday, June 12, 2016

Hikaru Nakamura Juarai Catur di Paris 2016

Di tengah-tengah laga sepak bola Euro 2016, beberapa pecatur elit dunia juga berjibaku dengan serunya di turnamen Grand Chess Tour 2016 di kota Paris. Piala Eropa UEFA di French 2016, atau bekennya Euro 2016 sedang panas-panasnya, dalam arti lugas dan kiasan! Lugas karena memang di Prancis lagi musim panas dan seantero benua Eropa pada menikmati hangatnya matahari menyengat kulit mereka (harusnya mereka ke Bali!). Kiasan karena selain lagi panas-panasnya free kick Bale, seperti kita ketahui sesi "tawuran" ala , ehem Indonesia, ternyata juga lagi ngetrend di Prancis. Suporter holigans Inggris dibully sama suporter Rusia yang terpusat di kota Marseille. Kabar terakhir UEFA sampai mengeluarkan warning diskualifikasi untuk pasukan Inggris dan kesebelasan Rusia kalau sampai supporter mereka masih berlaku seperti pasukan Jon Snow melawan White Walkers. #GameOfThrones

Kembali ke catur.
Grand Chess Tour 2016 ini adalah lanjutan seri GCT 2015 tahun lalu. Garry Kasparov adalah prakarsa turnamen super elit ini. Tahun lalu GCT dilaksanakan di tiga kota, di Stavanger (Norway), St Louis (USA) dan London (Inggris). Pemenangnya tentu sang juara dunia Magnus Carlsen. Namun tahun ini Grand Chess Tour pindah ke kota Paris, dan selanjutnya di St Louis dan London. Di Paris, nomor yang dipertandingkan justru adalah catur kilat dan cepat. Sepuluh pecatur top ten dunia, dari juara dunia Magnus Carlsen, trio USA : Hikaru Nakamura, Wesley So dan Fabiano Caruana. Anish Giri dan Levon Aronian. Vladimir Kramnik dan teman galaunya Veselin Topalov. Terakhir adalah tuan rumah Maxime Vachier-Lagrave dan Laurent Fressinet.

Di ajang rapid dan blitz, Hikaru Nakamura membuktikan reputasinya sebagai pecatur cepat terbaik dunia saat ini. Nakamura menjuarai sesi Rapid dan Blitz dengan cukup mudah. Di hari terakhir, Hikaru mendominasi lawan-lawannya dan berhasil duduk di puncak klasemen dengan score tak terkejar, walau masih menyisakan dua ronde lagi. Di posisi kedua hanya Magnus Carlsen, hadiah hiburan untuk Carlsen hanyalah dia bisa mempertahankan rekor menang melawan Hikaru Nakamura. Di round 27 catur blitz, Magnus Carlsen lagi-lagi mengalahkan Hikaru Nakamura. Walaupun di partai ini, Hanya saja, ini adalah partai yang tidak menentukan untuk Hikaru karena sudah aman di posis pertama.

Partai Catur Magnus Carlsen vs Hikaru Nakamura 1-0, Paris 2016
analisis partai langsung dari chess.com



Klasemen akhir Grand Chess Tour 2016 di Paris:


Partai Catur Vladimir Kramnik vs Hikaru Nakamura 0-1, Paris 2016
analisis partai langsung dari chess.com , Kramnik blunder di posisi yang diyakini bisa draw


Partai Catur Magnus Carlsen vs Veselin Topalov 0-1, Paris 2016
analisis partai ini dari chess.com , Topalov memainkan partai ini dengan baik, sekaligus mengubur harapan Carlsen bisa mengejar Nakamura pas di ronde ini.

duel Magnus Carlsen vs Hikaru Nakamura 1-0, walaupun juara, Hikaru tetap jadi "langganan" Magnus Carlsen.

Hasil-hasil Grand Chess Tour 2016 Paris lainnya bisa diakses di website INI.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...