Tuesday, July 26, 2011

Armenia Juara Dunia Catur Beregu

Turnamen Catur Beregu Dunia yang berlangsung di Ningbo China berakhir dimenangkan tim negara Armenia. Armenia adalah tim kuat yang juga medalist Olympiad beberapa kali. Tim yang dimotori pecatur top ten Levon Aronian ini menggusur pesaing kuat seperti tim Russia, Azerbaijan dan Hungaria, yang tampil tidak konsisten dan sering kalah melawan tim yang lebih lemah. Justru tim negara China yang berhasil tampil maksimal di kandang sendiri dan meraih medali perak, disusul oleh Ukraina. Ukraina adalah juga tim kuat yang didukung Vasily Ivanchuck dan medalis Olympiad yang baru lewat.

Di ajang ini, tim Amerika Serikat / US menjadi perhatian karena GM Yasser Seirawan yang comeback ke catur setelah sekian tahun absen dan cuma menjadi komentator dan penulis catur. GM Yasser Seirawan mengalahkan dua pecatur 2700, GM Judith Polgar dan GM  Shakhriyar Mamedyarov. Di partai melawan Mamedyarov, Seirawan yang sebenarnya pasti kurang paham teori pembukaan mutakhir justru ditantang bermain out of book oleh Shak, strategi yang kurang betul untuk melawan Seirawan yang lama pasif, seorang mantan penantang juara dunia.

Seirawan hingga ronde tertentu mencatat performance 2800+. Setelah melawan Shak dia berkomentar, "Saya sudah merasa ada yang salah oleh Shak" katanya ke kapten dan rekan GM Robert Hess. Peter Leko, pecatur elit Hungaria ikut berkomentar, "Ini adalah cara untuk memberi pelajaran buat mereka yang kurang sopan", maksudnya atas keputusan menggunakan pembukaan asing melawan Seirawan.  Di ronde yang sama Gata Kamsky juga menang melawan Teimour Radjabov membukukan kemenangan untuk tim US melawan Azerbaijan.


Hasil akhir:

Armenia - GOLD Medal
1 GM Aronian Levon 2805 ARM

2 GM Movsesian Sergei 2700 ARM
3 GM Akopian Vladimir 2667 ARM
4 GM Sargissian Gabriel 2663 ARM
GM Hovhannisyan Robert 2556 ARM

China - SILVER Medal
1 GM Wang Hao 2718 CHN

2 GM Wang Yue 2709 CHN
3 GM Li Chao B 2669 CHN
4 GM Yu Yangyi 2672 CHN
GM Ding Liren 2654 CHN

Ukraine - BRONZE Medal
1 GM Ivanchuk Vassily 2768 UKR

2 GM Eljanov Pavel 2697 UKR
3 GM Efimenko Zahar 2706 UKR
4 GM Moiseenko Alexander 2715 UKR
GM Areshchenko Alexander 2682 UKR

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...