Thursday, February 2, 2017

Hikaru Nakamura Juara Gibraltar Chess 2017 - Hou Yifan Heboh

Turnamen terbuka Gibraltar Chess Festival 2017 usai tadi malam setelah 10 rounds + babak play off dimainkan. Open tournament yang diikuti puluhan grandmaster dunia ini berlangsung sepekan lalu di tanjung Gibraltar, sebuah daerah kekuasaan Inggris di ujung Eropa. Sejak awal turnament catur ini dimulai beberapa drama seru telah terjadi. Seperti diketahui dalam sistem swiss terbuka ini, pecatur-pecatur elit musti berjibaku meladeni master-master dunia kang-ow.

Setelah sepuluh babak sistem swiss dilewati, tiga pecatur mengakhiri dengan point 8. David Anton Guijarro yang merupakan pecatur muda Spanyol sebenarnya sudah nongkrong di papan atas sejak ronde-ronde awal. Namun Hikaru Nakamura berhasil mengejar David Anton setelah memenangkan partai round 10 melawan pecatur Romain Edouard di partai Nimzo Indian yang cukup seru.

Partai Catur Romain Edouard vs Hikaru Nakamura 0-1, Gibraltar 2017

Disusul juga pecatur Yu Yangyi yang berhasil meyodok ke poin 8 dengan mengalahkan Ju Wenjun. Jun Wenjun sendiri sudah mengantongi gelar kategori Best Women walaupun kalah di partai ini.

Ketiga pecatur musti melewati partai play off untuk menentukan juara I,II dan III. Pertama Hikaru Nakamura mengalahkan Yu Yangyi di dua set catur cepat. Kemudian di partai final, Hikaru Nakamura mengalahkan David Anton dengan score 1.5-0.5.

Ujar Hikaru Nakamura "David Anton punya turnamen yang bagus, seharusnya kita dukung dia jadi juara, saya tuh udah kebanyakan juara ... "




Heboh Hou Yifan Menyerah Dalam 5 Langkah Catur

Di drama terheboh di babak terakhir, Hou Yifan memainkan partai aneh melawan pecatur Lalith Babu. Hou Yifan yang bermain buah putih memainkan pembukaan Grob, 1. g4. Walaupun sebenarnya pembukaan ini bisa saja dimainkan tapi Hou Yifan punya maksud lain, dia melanjutkan 2.f3 dan segera dibantai oleh Babu Lalith dalam 5 langkah. Menurut laporan, ini adalah bentuk protes Hou Yifan yang dihadapkan dengan pairing yang agak aneh, dia ketemu 7 pemain wanita dalam 10 babak.

Pairing Hou Yifan di Gibraltar Chess 2017
1. Atousa Pourkashiyan 1-0  (woman)
2. Natalia Zhukova 1-0 (woman)
3. Anna Muzychuk 1/2-1/2 (woman)
4. Mariya Muzychuk 1-0 (woman)
5. Michael Adams 0-1
6. Pia Cramling 1/2-1/2 (woman)
7. Ider Borya 1-0
8. Ju Wenjun 0-1 (women)
9. Nino Batsiashvili 1-0 (woman)
10. Babu Lalith 0-1

Memang secara statistik ini cukup mengherankan, tapi pimpinan wasit pairing dari panitia menjelaskan bahwa ini adalah kebetulan yang kurang mengenakkan untuk Hou Yifan. Pairing dikeluarkan oleh sistem dan inilah yang terjadi. Tindakan Hou Yifan yang membuang satu game sebagai bentuk protes mengakibatkan diskusi hangat di internet. Tentu ini adalah sebuah akhir yang kurang mengenakkan untuk turnamen Gibraltar, game ini akan tercatat di history catur sebagai game tercepat yang dialami seorang grandmaster, sebelumnya rekor dipegang Anand!

Petikan respon Lalith Babu cukup lucu "Waktu pertama saya melihat dia memainkan 1.g4 saya sempat ngeri, kirain pasti ada persiapan di baliknya. Tapi setelah saya melihat 2.f3, saya mulai merasa ada yang aneh.".... Dilaporkan pula Hou Yifan tampak senyum-senyum setelah partai ini, yang menambah kegusaran panitia.

Walau demikian, Hou Yifan cepat meminta maaf melalui interview dengan Tania Sachdev. Dia mengaku kecewa dengan hasil pairingnya.

si malang Hou Yifan sedang gundah hatinya dengan "ngasih" satu partai catur ke lawan. Sebagai juara dunia wanita, ini tindakan yang kurang hati-hati. Hou Yifan dihadapkan dengan 7 pecatur wanita di sistem swiss, sesuatu yang dia rasa kurang beres dan diprotes dengan cara begini


Hou Yifan resignation
Hou Yifan shocked the scene by playing 5 intentionally losing moves to Lalith Babu, in form of her dissatisfaction over her pairings.


Juara Gibraltar Chess 2017:

Play off
1. Hikaru Nakamura
2. David Anton
3. Yu Yangyi

Final Standings after Round 10
1 Anton Guijarro David 8,0
2 Nakamura Hikaru 8,0
3 Yu Yangyi 8,0
4 Vachier-Lagrave Maxime 7,5
5 Adams Michael 7,5
6 Sutovsky Emil 7,5
7 Cheparinov Ivan 7,5
8 Topalov Veselin 7,5
9 Gelfand Boris 7,5
10 Howell David W L 7,0
11 Ju Wenjun 7,0
12 Short Nigel D 7,0
13 Caruana Fabiano 7,0
14 Akobian Varuzhan 7,0
15 Matlakov Maxim 7,0

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...