Sunday, December 18, 2016

Wesley So Juara Grand Chess Tour 2016

Jika Thailand memiliki kesebelasan sepakbolanya yang juara AFF Cup 2016, maka Phillipine bisa berbangga (pernah) punyai Wesley So. Grandmaster kelahiran Phillipina yang sekarang sudah menjadi warga negara USA, Wesley So, melengkapi tahun 2016nya yang penuh prestasi dengan menjadi juara umum Grand Chess Tour 2016. Turnamen catur Grand Chess Tour adalah seri turnamen paling bergengsi di planet bumi sekarang. Terdiri dari empat turnamen yang dilangsungkan di kota Paris, Leuven, St Louis dan London, Grand Chess Tour selalu diikuti pecatur top ten dunia.

Seri terakhir Grand Chess Tour ini adalah turnamen catur super di kota London. Sebanyak 10 pecatur berlaga di kota London dari tanggal 9 December 2016 hingga 18 Desember 2016. Sejak kick off di round 1, Wesley So langsung melaju dengan mengalahkan pecatur flamboyan Hikaru Nakamura, rekan senegaranya di babak 1.

Analisis partai catur dari chess.com, Hikaru Nakamura vs Wesley So 0-1, London 2016

Wesley So selanjutnya melaju dengan mengalahkan Michael Adams dan Veselin Topalov.

Wesley So vs Michael Adams 1-0, London 2016

Di akhir turnamen yang berlangsung sebanyak 9 ronde, Wesley So tampil setengah poin lebih tinggi dari saingan terdekatnya pecatur Fabiano Caruana. Wesley So sudah terlebih dahulu memenangkan seri sebelumnya di kota Saint Louis yaitu Sinquefield Cup 2016. Dia juga pemenang di kota Leuven. Sementara itu saingan terdekatnya Hikaru Nakamura hanya menjuarai turnamen di Paris. Dengan bekal kemenangan-kemenangan tersebut tercapailah cita-cita Wesley So untuk menjadi pecatur dengan prestasi super, juara umum Grand Chess Tour 2016. "Ini mungkin prestasi terhebat saya," ujar Wesley So setelah meraih tropi London Chess 2016 dan juga tropi Grand Chess Tour 2016.



Pecatur asli Asia Tenggara ini kelihatan sempat selalu dipandang sebelah mata oleh pecatur-pecatur top ten lainnya. Melalui sepak terjangnya di tahun 2016, banyak pecatur mulai membuka mata dan berkomentar bahwa Wesley So sekarang adalah salah satu kandidat kuat untuk bisa mematahkan hegemoni Magnus Carlsen sebagai juara dunia. Vishwanathan Anand sangat terkesima dengan prestasi Wesley So tahun ini, Anand mengatakan bahwa keberhasilan Wesley sangat terlihat mudah dan lancar. "Dia belum terkalahkan untuk jangka waktu yang sudah cukup lama..... " kata Anand tentang Wesley So. Akankah Wesley So menjadi pecatur Asia Tenggara pertama yang berhasil tampil dalam duel juara dunia catur kelak jika dia berhasil menjadi juara di turnamen kandidat? Yang jelas Wesley So sekarang sudah lebih makmur $ 100,000 dolar dari sebelumnya berkat hadiah utama dari Grand Chess Tour.

Hasil akhir London Chess 2016 :

1. Wesley So 6.0
2. Fabiano Caruana 5.5
3. Vladimir Kramnik 5.0
4. Viswanathan Anand 5.0
5. Hikaru Nakamura 5.0
6. Anish Giri 4.5
7. Levon Aronian 4.0
8. Maxime Vachier-Lagrave 4.0
9. Michael Adams 4.0
10. Veselin Topalov 2.0

Website Official


Kegiatan catur di London 2016 juga menampilkan event turnamen catur sistem gugur, Knock Off British Championship 2016. Event British Knock Off 2016 ini dimenangkan pecatur gaek Nigel Short setelah di final mengalahkan GM David Howell.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali untuk para penggemar catur. Untuk info seputar catur bisa kunjungi chess.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...