Friday, November 25, 2016

Round 10 Magnus Carlsen Runtuhkan Tembok Karjakin - WCC 2016 New York

Kemenangan yang ditunggu-tunggu dari juara dunia catur Magnus Carlsen akhirnya terjadi di babak ke-10 dwitarung catur dunia. Penantang Sergey Karjakin memasuki partai ke-10 ini dengan pembelaan Ruy Lopez Berlin Defense, berharap teori panjang di variasi ini bisa membawa Karjakin ke partai yang lebih damai dan drawish. Hingga langkah empat puluhan tampak Magnus Carlsen akan segera kecewa lagi karena pertahanan si tembok besi Iron Wall Karjakin yang memang tampak solid. Tapi posisi bidak tumpuk di file e betul-betul merupakan kelemahan besar untuk posisi hitam.

Magnus Carlsen dengan sabar memupuk sedikit demi sedikit keuntungan posisionil. Endgame 2 benteng + kuda ini harusnya cukup drawish, hanya saja kegesitan kuda milik Carlsen lebih efektif dibanding punya hitam. Sergey Karjakin seharusnya bisa tetap bertahan, bahkan ketua Percasi dari Bulgaria yang juga ketua Catur di Eropa, Silvio Danailov merasa yakin benar Sergey Karjakin bakal bisa bertahan dengan remis :


Musibah pun terjadi pada buah hitam ketika dalam krisis waktu, Karjakin gagal menemukan langkah defensif terbaik. Langkah 56..Rhh7 memang masuk akal, tapi merupakan kesalahan fatal karena membuat putih bisa menerobos file b, sedangkan kuda putih sedang menggarpu bidak di b7 dan e6. Magnus Carlsen dengan super akurat menemukan semua langkah menang mulai dari titik ini. Sergey Karjakin menyerah di langkah 75. Angka imbang 5-5 untuk Magnus Carlsen. Sang juara bertahan dari Norwegia ini mengembalikan semua kekalahan moral sebelumnya. Di konferensi Pers, Carlsen tampak riang ceria kembali dibanding dua partai sebelumnya di mana dia sampai ngambek tidak mau menjawab pertanyaan reporter di akhir partai.


Senyum ceria menghiasi wajah Magnus Carlsen lagi. Kemenangan di partai ke-10 melawan Sergey Karjakin mengembalikan suasana dwitarung catur menjadi imbang peluangnya bagi kedua pecatur.

Partai Catur round 10 ini menunjukkan tipikal  Magnus Carlsen yang mahir dalam mengelola endgame. Carlsen berhasil memeras air dari batu , dari posisi yang sebenarnya tampak drawish. Posisi yang juga merupakan spesialis Sergey Karjakin yang dikenal sebagai jagoan bertahan. Berikut komentasi partai catur round 10 yang ringan ceria. Lebih banyak difokuskan pada detik-detik terakhir di mana Karjakin mulai goyah. Di pembukaan dan middle game merupakan area yang cukup rumit untuk bisa dibahas dengan cepat apalagi oleh penulis yang memang bukan pecatur prof.

Komentar Partai Catur round 10 Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1-0, New York 2016
Ruy Lopez Berlin Defense :




Hasil Sementara :

Round 10 Carlsen - Karjakin 1-0
Round 11
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
5

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Saksikan juga video analisis dari berbagai komentator :





Kehadiran turnamen sekelas juara dunia di New York tentu menarik perhatian semua insan catur lokal di USA. Pecatur grandmaster Maxim Dlugy dengan rajin menulis pengalamannya sebagai seorang pemirsa catur di tengah-tengah belantara pendekar-pendekar catur dunia di venue pertandingan. Ini adalah beberapa foto dari GM Maxim di ruang VIP di mana para jagoan catur berkumpul dan main blitz bareng.

Duel blitz antara IM Lawrence Trent (managernya Fabiano Caruana) vs GM Larry Christiansen, juga seorang pecatur kelas master yang sudah malang melintang di era '90an

Ian Nepom vs Fabiano Caruana, Ian adalah salah satu suporter Magnus Carlsen dan juga pecatur jagoan blitz. Fabiano Caruana adalah pecatur lima besar dunia. Caruana besar di kota New York.

di mana-mana pecatur bergelar berseliwiran. Ini adalah penampakan WGM Elmira Mirzoeva yang manjadi reporter untuk televisi Rusia, bayangkan komentator untuk TV sudah minimal bergelar.

Asyik banget kan kalau bisa nongkrong dan bertemu para pecatur kesohor dunia.....

Baca liputan GM Maxim Dlugy di Chessbase

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...