Monday, November 7, 2016

Menyongsong Duel Dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 2016 di New York

Di tengah menghangatnya percaturan politik di US / Amerika Serikat yang sedang menyongsong pemilu antara Donald Trump vs Hillary Clinton di tanggal 8 Nov, duel catur sebenarnya segera berlangsung di kota New York dimulai tanggal 10 November 2016. Duel dwitarung catur memperebutkan gelar Juara Dunia Catur / Chess World Champion akan mempertemukan sang juara Magnus Carlsen melawan penantangnya, challenger Sergey Karjakin. Seperti kita ketahui bersama, Magnus Carlsen menjadi juara catur dunia di tahun 2013. Carlsen merebut gelar juara dunia catur dari tangan si macan Madras Viswanathan Anand di kota Chennai. Setahun kemudian Magnus Carlsen juga berhasil mempertahankan gelarnya dengan sekali lagi menggebuk Viswanathan Anand, kali ini di kota Sochi negara Russia.

Selama tahun 2015/2016 diadakan kontes untuk mencari penantang Magnus Carlsen, Melalui turnamen kandidat, hadirlah Sergey Karjakin sebagai pemenang turnamen kandidat dan memperoleh hak untuk duel melawan Carlsen. Di fase turnamen kandidat ini, banyak yang masih menjagokan Viswanathan Anand dan berharap adanya duel dwitarung catur Carlsen vs Anand part III. Ada juga yang mengelus-elus tengkuk pecatur agresif baru dari Amrik, Hikaru Nakamura untuk bisa maju sebagai penantang incumbent Carlsen. Ada juga yang mengacokan pecatur cool Fabiano Caruana. Namun semua suporter kecele dan justru si kuda hitam Sergey Karjakin-lah yang akhirnya berhasil nge-gol menjadi penantang Carlsen.

Sergey Karjakin berusia 26 tahun, selisih satu tahun saja dari Magnus Carlsen. Di masa muda, Sergey Karjakin sempat menjadi pecatur termuda yang berhasil memperoleh gelar grandmaster catur. Awalnya si kece  Sergey Karjakin adalah kelahiran Ukraina. Namun pertimbangan catur membuat Sergey Karjakin pindah menjadi warga negara Russia. Tampilnya sosok Sergey Karjakin menjadi penantang catur mengembalikan duel klasik catur dari negara Russia, negara yang dari sono nya selalu bejibun-jibun pendekar papan catur. Sergey Karjakin juga adalah juara Piala Dunia Catur 2015. Kenyataan ini diharapkan bisa memperpanas situasi karena tentunya publik Russia juga sangat kepengen kembali memiliki juara di cabang olahraga catur. Saat Magnus Carlsen menjadi juara catur, banyak yang heran bagaimana sebuah negara antah berantah seperti Norwegia bisa menjadi kampiun di cabang olahraga adu sel otak ini.



Seperti biasa, blog red-white-chess akan kembali mencoba menghadirkan komentar-komentar seru berbagai analisis grandmaster bersumber dari website-website terkemuka di dunia. Penulis sudah meng-"cover" duel dwitarung perebutan gelar catur dunia sejak partai Anand vs Gelfand, kemudian Anand vs Carlsen I, dan Anand vs Carlsen II.



Duel dwitarung catur / match antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin dijadwalkan sebagai berikut :
Date Hari Event Hasil
November 10 Kamis Opening Ceremony
November 11 Jumat Babak 1 1/2-1/2
November 12 Sabtu Babak 2 1/2-1/2
November 13 Minggu Rest Day
November 14 SeninBabak 3 1/2-1/2
November 15 Selasa Babak 4 1/2-1/2
November 16 Wednesday Rest Day
November 17 Kamis Babak 5 1/2-1/2
November 18Jumat Babak 6 1/2-1/2
November 19 Sabtu Rest Day
November 20 Sunday Babak 7 1/2-1/2
November 21 Monday Babak 8 0-1
November 22 Tuesday Rest Day
November 23 Wednesday Babak 9 1/2-1/2
November 24 Thursday Babak 10
November 25 Friday Rest Day
November 26 Saturday Babak 11
November 27 Sunday Rest Day
November 28 Monday Babak 12
November 29 Tuesday Rest Day
November 30 Wednesday Tiebreaks/Closing
EST (pukul setempat), di WIB ini tepat 12 jam, sehingga semua game berlangsung jam 02;00 WIB dini hari

Tim Magnus Carlsen masih merahasikan para sekondangnya, setidaknya yang baru dikonfirmasi adalah GM Peter Heine Nielsen, pecatur dari Denmark. Kubu Carlsen setidaknya sudah memulai psy-war dengan melansir komentar di twitter :

di mana Team Carlsen akan diperbantukan oleh Microsoft untuk memastikan para hacker Russia tidak mengakses analisis mereka...Wuih... seru. Magnus Carlsen sendiri diyakini sedang berada di masa keemasan. Dia memenangkan hampir semua turnamen penting yang dihadiri dan sudah bertahan sebagai pecatur rangking pertama untuk masa beberapa tahun.

Di kubu Sergey Karjakin, tampak twitter Karjakin sedang bermesraan dengan pecatur Azerbaijan, Mamedyarov :


Ini berarti Karjakin sudah mulai aklimasi di negara paman Sam dan sedang menikmati kota Miami dan San Antonio. Magnus Carlsen sendiri diyakini sedang bertapa di salah satu negara Caribbean, karena di duel online melawan Hikaru Nakamura beberapa waktu lalu (Carlsen yg menang), dia sempat memberitahu sedikit rahasia keberadaannya.

Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 2016 akan memperebutkan hadiah $ 1 juta dolar USA.

Duel catur ini akan dilayani website dari Agon. Bisa disimak di https://worldchess.com/nyc2016/ . Agon sendiri akan memaksimalkan tampilan liputan mereka dengan berbagai fitur : Siaran Langsung, Video 360 derajat, Virtual Reality di mana kedua pecatur akan menggunakan Google Cardboard, multi camera dan tentunya komentator langsung. Untuk komentator, yang tampil adalah Judit Polgar. Naaaah, semua fitur canggih tersebut bisa disimak dengan membayar ACCESS Fee 15 dolar saja hehe....



Nun jauh dari New York, dua website catur dunia lainnya sudah mempersiapkan tim nya. Chess.com akan meliput dengan berbagai layanan pasca partai menarik juga. Mereka mempersiapkan komentator  IM Danny Rensch , GM Robert Hess , GMs Hikaru Nakamura, Jon Ludvig Hammer, Alex Yermolinsky, Alexander Ipatov, IM Nazi Paikidze and WFM Alexandra Botez.

Chess24.com juga akan mempersiapkan team penghangat situasi mereka yaitu :



Dari Chessbase.com juga pasti turut sumbang tenaga memperpanas suasana, team mereka akan segera dilansir dalam waktu singkat. Mari kita pecinta catur Indonesia juga turut serta menyaksikan duel catur 2016, ketimbang mengikuti berita tak karu-karuan yang sedang terjadi di Indonesia, mending menyaksikan duel catur benaran!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...