Monday, November 21, 2016

Akankah Magnus Carlsen Kalahkan Sergey Karjakin - Round 7 WCC 2016 New York

Akankah Magnus Carlsen Kalahkan Sergey Karjakin? Begitulah pertanyaan para insan catur seantero jagad dalam menyimak duel dwitarung gelar juara catur dunia antara Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin. Hingga putaran laga ke-7 tadi malam, Sergey Karjakin yang memegang buah putih sudah berusaha tampil beda dengan memainkan 1.d4, pertama setelah tiga kali mencoba 1.e4. Magnus Carlsen pun menyambut dengan memilih pembelaan yang cukup jarang dia mainkan (belakangan) dengan pembelaan Slavia / Slav Defence.

Partai catur ke-7 ini berkisar pada kenyataan bahwa Magnus Carlsen bisa dengan cepat mengambil alih permainan dan malah lebih aktif setelah sepuluhan langkah saja. Namun cerita seru terjadi ketika Carlsen kurang cermat memainkan langkah 16..Rc8? mengakibatkan Karjakin bisa punya combi tukaran yang menghasilkan keuntungan satu pion untuk si pecatur ganteng Rusia ini.

Walau demikian, keuntungan satu pion tersebut tidak terlalu berarti karena struktur bidak Carlsen yang (katanya) tidak punya kelemahan / weakness. Lagipula endgame ini dihadiri oleh gajah dengan beda warna / opposite colored bishop sehingga memang sangat drawish. Sergey Karjakin seperti biasa tidak ngotot menghadapi endgame ini walaupun unggul satu bidak. Magnus Carlsen pun kelihatannya kurang puas dan segera menginjak pedal rem. Kedua pemain dengan gembira mengakhiri partai ke-7 ini dengan jabat tangan remis di langkah 33.

Karikatur dwitarung Carlsen vs Karjakin yang sudah tujuh kali remis.

Dengan hasil ini, Karjakin bisa semakin pede karena sudah tujuh kali ketemuan dengan Magnus Carlsen dan hasilnya remis. Live rating Karjakin bahkan sedikit naik ke urutan ke-7 dunia saat ini dengan hasil remis ini. Para komentator dan grandmaster-grandmaster dunia juga mulai galau dengan tontonan dwitarung ini dan mulai "provokasi" kedua pemain agar menghasilkan partai catur lebih seru. Sekedar fakta, jarang sekali kita melihat Magnus Carlsen memainkan enam partai catur dengan hasil remis semua, ini betul-betul merupakan pukulan psikologis untuk si cah Norwegia ini.



Para grandmaster pada memposting twitter mengharapkan hasil lebih antara kedua pecatur.


Komentar Partai Catur Sergey Karjakin vs Magnus Carlsen 1/2-1/2, Round 7
Slav Defence , World Chess Championship New York 2016




Hasil Sementara :

Round 7 Karjakin - Carlsen 1/2-1/2
Round 8
Round 9
Round 10
Round 11
Round 12
Magnus Carlsen
Sergey Karjakin
3.5 
3.5

Partai duel dwitarung Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin bisa disimak juga di :
http://worldchess.com/nyc2016/ - Website resmi, sayang musti membayar USD 15 untuk mengakses komentar (dari Judit Polgar) dan menonton semua video menarik di website ini.

Chess24.com , website catur paling inovatif di dunia saat ini. Chess24.com memberikan tayangan LIVE langkah per langkah lengkap dengan video komentator bayaran chess24, tapi tidak ada video tayangan langsung dari New York. Maklum, gawean ini sangat diproteksi oleh organizer yaitu Agon. Bahkan Chess24.com dituntut sampai ke pengadilan oleh Agon karena dituding mendompeng event dwitarung ini tanpa mengeluarkan sponsor ke pihak organizer.

Chessbomb.com, website yang paling lengkap turnamennya. Chessbomb juga sepertinya kebagian terkena tuntut sama Agon, tapi tetap "bandel" menayangkan. Di Chessbomb, kita bisa langsung membaca komentar di halaman tayangan langsung. Chessbomb lebih ringan karena tidak ada tayangan video.

- Chessbase.com, perlu menjadi anggota premium untuk bisa mendengar komentar live di chessbase.com. Install clientnya dulu. Chessbase.com resmi partner Agon.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...