Monday, October 24, 2016

Samuel Sevian Juara SPICE CUP 2016

Samuel Sevian Menang SPICE CUP 2016 
Perjalanan Pecatur Indonesia Irine Sukandar dalam turnamen catur di USA

Pecatur muda Samuel Sevian memenangkan ajang turnamen catur Spice Cup 2016 di Saint Louis Amerika Serikat. Spice yang singkatan dari Susan Polgar Institute for Chess Excellence adalah semacam sekolah pembinaan catur yang ditumbuh kembangkan oleh mantan juara catur wanita GM Susan Polgar di USA. Kehadiran sekolah ini kerap kali dibanggakan ibu Susan sebagai salah satu faktor dalam meningkatnya geliat percaturan di negara Amerika Serikat. Tidak salah memang karena bahkan pecatur wanita kita dari Indonesia juga mengenyam pendidikan perkuliahan sekaligus catur di Saint Louis, yaitu IM Irine Kharisma Sukandar. Alhasil ajang SPICE CUP 2016 ini bertabur bintang-bintang muda seperti juara dunia junior GM Jeffery Xiong, Awonder Liang, Kayden Troff, Li Ruifeng, Akshat Chandra dan lain-lainnya.

Turnamen catur Spice Cup 2016 tahun ini semakin kuat pesertanya. Di seed teratas masih GM Lee Quang Liem dari negara Vietnam yang juga berkuliah di sono. Disusulkan seed ke-2 GM Ray Robson yang merupakan anggota dari tim USA yang berhasil meraih Gold medal di Chess Olympiad 2016 Baku. Namun dari semua pendekar catur muda, GM Samuel Sevian yang akhirnya merebut trophy kebanggaan sebagai juara pertama. Samuel Sevian merupakan pecatur yang cukup agresif dan namanya berkibar sekitar setahun dua tahunan lalu. Dia sedikit kalah bersaing dengan rekan-rekan seangkatannya dan tidak berhasil turun di squad catur tim Amerika Serikat yang dikirim ke kota Baku beberapa bulan lalu. Kemenangan Samuel ini akan semakin menambah semarak warna catur di junior USA.

Samuel Sevian meraih point 6.5/9 sama dengan Ray Robson hingga round 9. Seperti tradisi di negara USA, turnamen catur di sana hobbynya menggelar babak play off yaitu partai catur Armageddon untuk menentukan juara pertama. Tentunya sistem ini juga lebih menarik dan terlihat adil dibanding menggunakan sistem tie break Bulkof-solkof-an (di mana lawan-lawan kita yang dibandingkan, kalau lagi apes ketemu lawan lemah maka rendah-lah Solkof, Bulkof, Molotof kita..).

Di partai Armageddon, Samuel Sevian menunjukkan dia lebih sigap dan menang. Berikut rekaman video partai Armageddon Samuel vs Ray Robson di Spice Cup 2016 dari Facebooknya ibu Susan Polgar.




Sementara itu, mari kita juga simak dan terus dukung kiprah perjalanan IM Irine Sukandar di negara paman Sam. Irine study di Webster University yang merupakan sebuah universitas dengan prestasi catur sangat sakti di kancah national USA. Susan Polgar beserta suaminya FM Paul Truong adalah coach di kampus ini. Berikut adalah partai catur mbak Irine melawan salah satu pecatur bergelar FM Alexander Betanelli yang dimenangkan oleh grandmaster wanita Indonesia pertama ini. Irine mengakhiri turnamen catur Spice Cup 2016 di urutan 18 dengan nilai 5.0. Di round terakhir Irine juga menang melawan pecatur dari Israel Vitaly Neimer.

Partai Catur IM Irine Kharisma Sukandar vs FM Alexander Betanelli, 1-0  SPICE CUP Saint Louis 2016
Pembukaan London System,

Partai catur IM Irine Kharisma Sukandar vs FM Doug Eckert 1-0, Spice Cup St Louis 2016
Pembukaan London System



Final Standings SPICE CUP 2016 :

1. Samuel Sevian 6.5
2. Ray Robson 6.5
3. Illya Nyzhnyk, 6.0
4. Jeffery Xiong 6.0
5. Le Quang Liem 6.0
6. Timur Gareev 6.0
7. Vasif Durabayli 6.0
8. Li Ruifeng 5.5
9. Alexander Shimanov 5.5
10. Akshat Chandra 5.5
11. Jayaram Ashwin 5.5
12. Kayden Troff 5.5
....
18. Irine Kharisma Sukandar 5.0





Irine (or Irene), Indonesia first female grandmaster joined in Spice Cup 2016, she finished 18th, above several strong master in the field.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...