Friday, July 15, 2016

Pembelaan Sicilia di Bilbao dan Dortmund 2016 - Carlsen Kalahkan Karjakin

Dua turnamen elit minggu ini, July 2016, di Dortmund dan Bilbao mempermainkan pembelaan Sicilian. Di Dortmund, Maxime Vachier-Lagrave yang memang jagoan pembelaan ini sukses menggebuk Evgenij Najer dengan variasi Najdorf cabang Bidak Beracun / Poisoned Pawn. Sedangkan di kota Bilbao di Spanyol, Magnus Carlsen tundukkan Sergey Karjakin, sekaligus memberi preview menjelang dwitarung tanding catur dunia antara Carlsen dan Karjakin.

Tournament Dortmund Sparkassen Chess 2016 hingga round 5 mempertontonkan Maxime bermain penuh cemerlang di sana. Dengan hasil menggembirakan ini, Maxime juga menuai rating yang bagus mencapai elo 2808 berkat kemenangannya melawan Evgenij Najer. Ini membuat Maxime sekarang adalah pecatur urutan ke-dua dunia di LIVE Rating, di bawah Magnus Carlsen. Maxime sendiri memimpin klasemen sementara di Dortmund hingga round 5. Delapan pecatur bertanding di sini, bisa dibaca juga ulasan di round 1. Hasil lengkap round 5 adalah :

Rainer Buhmann vs Ruslan Ponomariov 0-1
Leinier Dominguez Perez vs Liviu Dieter Nisipeanu 1/2-1/2
Evgenij Najer vs Maxime Vachier-Lagrave 1/2-1/2
Vladimir Kramnik vs Fabiano Caruana 1/2-1/2

Maxime raised to World Number 2 with his expertise in Sicilian, a win against Najer in round 5
Photo from official website

Berikut sedikit komentar partai caturnya Evgenij Najer vs Maxime Vachier-Lagrave, 0-1 , Dortmund 2016


Menyambut hasil Maxime di Dortmund, sang pecatur urutan 1 itu sendiri yaitu Magnus Carlsen mengkandaskan Sergey Karjakin, yang juga berlangsung di partai Sicilian. Ini adalah hasil round 3 di tournament elit lainnya di Bilbao Master. Partai duel Carlsen vs Karjakin ini seru karena mereka berdua akan saling tanding di dwitarung memperebutkan tahta juara dunia yang sekarang disanding Magnus Carlsen. Sergey Karjakin sempat "mengelak" "simulasi" ini bulan lalu dengan tidak hadir di turnamen Starvanger, namun kemarin malam Karjakin harus meladeni Carlsen dan ternyata kurang sukses bagi Karjakin. Di partai Sicilia ini Carlsen mendikte permainan dengan langsung ngacir ke variasi c3. Partai berjalan sedikit tenang namun terlihat buah hitam Karjakin tidak mulus berkembang dan Carlsenpun bisa memetik kemenangan dengan ciri khas nya. Hasil ini menunjukkan bahwa Carlsen pecatur yang cukup bermental dingin, setelah kalah di round 1 melawan nemesis-nya Hikaru Nakamura, di round 2 dia mengalahkan Wei Yi dan sekarang Karjakin. Hasil ini membuat Carlsen duduk di peringkat 1 sementara di turnamen Bilbao Master 2016.

Bilbao Master 2016 mengundang enam pecatur kelas Mike Tyson untuk saling tanding. Hasil lengkap di round 3 adalah :

Anish Giri vs Wesley So 1/2-1/2
Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1-0
Hikaru Nakamura vs Wei Yi 1/2-1/2

Magnus Carlsen also won the 2nd round vs Wei Yi in Bilbao. In Round 3 he score 1 point vs Sergey Karjakin, a remark to his challenger
photo from official website


Komentar partai catur Magnus Carlsen vs Sergey Karjakin 1-0, Bilbao 2015


Hikaru Nakamura sendiri terlihat senang setelah hasil bagusnya, dan di Facebook sempat bercanda :


Demam permainan Pokemon Go juga melanda pecatur kelas dunia seperti Hikaru Nakamura, tentu sebagai orang yang sangat sering traveling, Hikaru akan sangat menikmati permainan Pokemon Go ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...