Friday, July 22, 2016

Magnus Carlsen Jawara Catur di Bilbao 2016

Turnamen super elit para pecatur dunia di Bilbao tahun 2016 ini dibungkus oleh Magnus Carlsen dengan kemenangannya di round 9 melawan Anish Giri. Seperti diberitakan sebelumnya, turnamen Master Bilbao 2016 dihadiri enam pecatur undangan : Magnus Carlsen, Sergey Karjakin, Hikaru Nakamura, Wesley So, Anish Giri dan Wei Yi. Sistem pertandingan yang model double round-robin artinya akan ada 10 ronde digelar. Namun Magnus Carlsen dengan performa permainannya yang bagus berhasil mengumpulkan point berlebih-lebihan hingga round 9 untuk mengklaim gelar juara dengan "spar" satu round. Di Bilbao sistem point adalah 3 point untuk hasil menang, Carlsen mengantongi nilai hingga 16, sedangkan saingan terdekatnya Hikaru Nakamura hanya punya nilai 11 di round 9.

Magnus Carlsen mengawali turnamen ini dengan hasil kalah sebenarnya, melawan Hikaru Nakamura. Ini adalah rekor pertama Carlsen dikalahkan Nakamura di nomor catur classic. Namun Magnus Carlsen kemudian berturut-turut mengalahkan Wei Yi, Sergey Karjakin dan Wesley So di round berikutnya. Hingga di round 9 mengalahkan Anish Giri. Perlu diketahui bahwa dalam belasan partai catur antara si viking Magnus Carlsen melawan si blasteran India-Rusia Anish Giri, keduanya selalu berakhir remis. Anish Giri yang dikenal sebagai pecatur solid dan jagoan remis, akhirnya dikalahkan Magnus Carlsen di round 9 Bilbao ini. Di partai yang dimulai dengan pembukaan nyeleneh dari Magnus Carlsen (2.Bf4!?) , Carlsen memaksa Anish Giri keluar dari zona nyaman-nya dan bermain "mikir" semenjak game dimulai.

Partai Catur Magnus Carlsen vs Anish Giri 1-0, Bilbao 2016


Sementara itu dua papan lainnya berakhir remis. Hikaru Nakamura ditahan Sergey Karjakin dan Wei Yi bagi hasil dengan Wesley So. Oh ya, di Bilbao selain hasil menang dihargai angka tiga, hasil remis dinilai dengan point satu. Berikut standings setelah round 9.

Bilbao Chess Master 2016 , standings after round 9

1. Magnus Carlsen 16
2. Hikaru Nakamura 11
3. Wei Yi 10
4. Wesley So 10
5. Sergey Karjakin 8
6. Anish Giri 6

Magnus Carlsen menunjukkan hegemoni nya di turnamen Bilbao ini, mengalahkan semua lawannya kecuali Hikaru Nakamura. Di round 10 Carlsen akan bertemu Wesley So, namun hasil round 10 tidak lagi mempengaruhi perebutan juara 1. Turnamen ini juga dihangati dengan pertemua perdana Sergey Karjakin melawan Magnus Carlsen semenjak Karjakin berstatus sebagai penantang / challenger juara dunia. Sedangkan bagi Anish Giri, ini adalah turnamen buruk bagi dia, suami Sopiko ini dikalahkan Wei Yi dan Wesley So juga.

Photo-photo turnamen :

Magnus Carlsen beat Anish Giri after a long series of draw between the two, Bilbao 2016. 
Photo Chessbase.com

Hikaru Nakamura draw against Sergei Karjakin
photo chess.com

Wei Yi give  Wesley So only a draw with white

UPDATE: MAGNUS CARLSEN official memenangkan tournament Bilbao Master 2016 setelah di round 10 keenam pecatur bermain damai alias remis semua. Di peringkat kedua adalah Hikaru Nakamura dan peringkat tiga adalah Wei Yi.

Magnus Carlsen officially crown as champion in Bilbao Master 2016


Official website

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...