Friday, March 25, 2016

Nakamura Menang Anand Tertahan - 2016 Moscow Candidate Chess

Turnamen kandidat catur 2016 adalah untuk mencari kandidat pecatur yang bisa dilawankan ke juara dunia Magnus Carlsen. Delapan pecatur bertanding di Moscow di turnamen ini. Memasuki ronde 12 kemarin malam, Hikaru Nakamura dari Amerika Serikat mengkandaskan Viswanathan Anand dalam dua puluhan langkah saja. Di partai catur tersebut, Anand lagi-lagi terjebak dalam perangkap pembukaan oleh lawannya saat memegang buah hitam. Menggunakan pembukaan Inggris yang sangat beken dan sering digunakan di turnamen ini, Hikaru Nakamura mengulang beberapa partai sebelumnya dan berhasil menerapkan home preparationnya terhadap Anand. "Saya bertaruh di mana Anand mungkin memilih langkah yang lebih manusiawi dan tidak melihat langkah lainnya lebih jauh", ujar Nakamura di press conferen selepas memenangkan partai tersebut.

Nakamura scored full point after his home preparation line in English Opening was too much for Anand. Vishy Anand back to third place, while Karjakin and Caruana stayed on top standings, Moscow 2016 - photo from official website


Partai Catur Hikaru Nakamura vs Vishy Anand 1-0, Moscow 2016 Round 12

Di papan lain juga terjadi hasil decisive. Sergey Karjakin dari Russia mengalahkan Veselin Topalov di partai Sisilia yang sangat tajam. Veselin Topalov yang memang sangat down di turnamen ini dibuat tak berkutik dengan serangan cepat di sayap raja dari Sergey Karjakin. Tusukan dua pion g dan h dari Karjakin membuat permainan menjadi tajam, namun putih (Karjakin) lebih unggul inisiatif dan berhasil mengkonvert keunggulannya menjadi angka full.

Partai Catur Sergey Karjakin vs Veselin Topalov 1-0, Moscow 2016


Yang lainnya lagi, Peter Svidler lagi-lagi memberikan hasil draw kepada Anish Giri di round 12 ini. Hasil ini semakin membuat rekor draw Anish Giri menjadi membengkak ke rekor 12 kali remis dalam turnamen ini. Seperti biasa, Anish Giri mampu bermain teoritis di pembukaan Inggris Four Knight variation hingga belasan langkah sebelum masuk ke line 15..a4 yang cukup jarang. Partai ini masuk ke endgame 2 benteng + 2 pion vs 2 benteng + 3 pion dengan keunggulan Anish Giri di pihak hitam. Namun endgame benteng ini memang drawish dan susah dimenangkan, hasil remispun disepakati.

Partai Catur Peter Svidler vs Anish Giri 1/2-1/2, Moscow 2016 Round 12


Partai sengit juga berlangsung di papan Fabiano Caruana melawan Levon Aronian dari Armenia. Keduanya mengulang partai Ruy Lopez Closed mereka di London sebelum membuat langkah baru di langkah 11. Partai menjadi cukup taktikal dengan struktur bangunan yang tidak simetris. Aronian sendiri mengaku tidak mau bermain safe dan imbang karena kepengen memetik poin. Tapi Caruana juga tampak siap dan menguasai cukup lama permainan sebelum akhirnya kelelahan dan membuat beberapa kesalahan. Keduanya sepakat remis di langkah 67.

Partai Catur Fabiano Caruana vs Levon Aronian 1/2-1/2, Moscow 2016 Round 12


2016 Chess Candidate Tournament Moscow, standings after round 12:

Karjakin,Sergey  7/12
Caruana, Fabiano  7/12
Anand,Viswanathan  6.5/12
Svidler,Peter  6/12
Giri,Anish  6/12
Aronian, Levon 6/12
Nakamura,Hikaru  5.5/12
Topalov,Veselin  4/12

LINK FOR OFFICIAL LIVE BROADCAST :
http://worldchess.com/broadcasts/europe/2016/03/10/fide-candidates-tournament/round-10/
(just replace the "round-10" with round-x ....) 

LINK FOR LIVESTREAM 2016 CANDIDATE TOURNAMENT
http://livestream.com/accounts/7928738/events/4950193/
(this happened to be blocked in some country...just try it)

LIHAT ROUND 1
LIHAT ROUND 3
Lihat Round 6
Lihat Round 7
Lihat Round 10
Lihat Round 12
Lihat Round 14

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...