Thursday, March 17, 2016

Anand & Aronian Menang Round 6 - Candidate Tournament 2016

Pecatur Vishwanathan Anand dan Levon Aronian memenangkan partai kedua mereka di turnamen kandidat catur 2016 yang sekarang sedang berlangsung di Moscow. Tournament Chess Candidate 2016 ini diikuti delapan pecatur dan memperebutkan posisi sebagai penantang juara dunia Magnus Carlsen.

Round 6 of World Chess Candidates Tournament 2016 is by far the most dramatic and excited. Anand defeat Svidler in quite a miniature Anti-Marshall game. Aronian defeated Nakamura in hard endgame but made easy because of Nakamura's touch-move incidents. Karjakin face well prepared Fabiano Caruana but managed to draw. Topalov launched 3.h4 to attack Anish Giri but eventually ended in draw as well.


Anand vs Svidler, Moscow 2016 - Photo courtesy of WorldChess.

Di round 6, Anand berhadapan dengan Peter Svidler dari Russia. Dengan pembukaan Ruy Lopez, Anand dihadapkan pada variasi bidak a6 dari Svidler. Partaipun berlangsung menarik karena pemirsa catur tidak dihadapkan pada variasi Berlin yang sudah terlalu sering dipraktekkan para elit catur dunia. Peter Svidler terkenal dengan variasi Marshall Attacknya, namun Anand memilih jawaban penangkal, 8.a4 yaitu variasi Anti-Marshall. Rupanya Anand yang lebih siap dari preparationnya dan segera Peter Svidler masuk ke langkah yang sudah dikenal Anand. Partai ini cukup dramatis karena dalam 24 langkah saja Peter Svidler sudah K.O.

Video conference Anand dan Svidler selepas partai mereka :



Mari kita saksikan Partai Vishy Anand vs Peter Svidler 1-0, Moscow Candidate 2016 :



Aronian vs Nakamura Photo courtesy of WorldChess.

Aronian analysis with Alexandra Kosteniuk and GM Miro on how to win that endgame

Di papan berikutnya, Levon Aronian bertemu Hikaru Nakamura dari Amerika Serikat. Partai ini cukup dramatis karena insiden "touch-move" yang dilakukan Hikaru Nakamura di babak endgame. Partai ini berlangsung dengan pembelaan Queen Indian dari Nakamura. Di babak middlegame, Nakamura bermain kurang akurat menghasilkan bangunan yang lebih bagus untuk Aronian. Di babak endgame, walaupun berada di posisi cukup sulit namun hitam masih bisa bertahan, Nakamura sepertinya tergopoh-gopoh menyentuh rajanya. Di langkah 74 tersebut hitam hanya bisa bertahan dengan memainkan bentengnya ke a5 dan langkah raja apapun adalah kalah. Levon Aronian dan Hikaru Nakamura sempat bertukar omongan sebelum wasit datang dan mengharuskan Nakamura untuk melangkahkan rajanya. Ini adalah kekalahan kedua Nakamura dan kemenangan kedua Levon Aronian.


video adegan touch-move Hikaru Nakamura :



analisis GM Levon Aronian mengenai endgame nya vs Hikaru Nakamura, didampingi presenter cantik mantan juara dunia catur wanita Alexandra Kosteniuk :


Partai catur Levon Aronian vs Hikaru Nakamura 1-0, Moscow Candidate 2016 :


Caruana vs Karjakin - Photo courtesy of WorldChess.

Partai Fabiano Caruana vs Sergey Karjakin juga cukup seru. Karjakin tampaknya asyik menggunakan senjata barunya di variasi Queen's Indian. Karjakin memainkan ini untuk ketiga kalinya di tournament candidate! Namun lagi-lagi Fabiano Caruana maju lebih siap dan dengan home preparation-nya berhasil mendesak variasi Karjakin. Di posisi sangat sulit, Karjakin terpaksa korban ratu/menteri namun ajaibnya justru berhasil mempertahankan posisinya dari kekalahan. Fabiano Caruana kehilangan kesempatan sangat baik untuk menghasilkan kemenangan pertamanya di turnamen ini dan harus puas dengan hasil remis lagi. Karjakin masih ada di posisi pertama klasemen sementara bersama Levon Aronian.

press conference Caruna dan Karjakin :


Partai Catur Fabiano Caruana vs Sergey Karjakin 1/2-1/2, Moscow Candidate 2016 :





Topalov vs Giri - Photo courtesy of WorldChess.

 Partai keempat adalah Veselin Topalov vs Anish Giri. Dengan dua kekalahan, Topalov bermain lebih ganas dan lepas. Partai ini langsung seru karena setelah d4,c4, Topalov langsung 3.h4! mengkagetkan banyak pemirsa catur dari berbagai belahan dunia. Langkah ini walaupun agresif ternyata sering juga dimainkan. Anish Giri menjawab dengan sigap dengan tandingan gambit di b5, yaitu sejenis Benko Gambit. Partai berakhir remis dengan posisi kuda vs kuda+1 pion.

video conference Topalov vs Giri :


Partai Catur Veselin Topalov vs Anish Giri 1/2-1/2, Moscow Candidate 2016 :




2016 Chess Candidate Tournament Moscow, standings after round 6:

1 Karjakin,Sergey 4.0/6
2 Aronian,Levon 4.0/6
3 Anand,Viswanathan 3.5/6
4 Caruana,Fabiano 3.0/6
5 Giri,Anish 3.0/6
6 Svidler,Peter 2.5/6
7 Topalov,Veselin 2.0/6
8 Nakamura,Hikaru 2.0/6


LINK FOR OFFICIAL LIVE BROADCAST :
http://worldchess.com/broadcasts/europe/2016/03/10/fide-candidates-tournament/round-6/
(just replace the "round-3" with round-x ....) 

LINK FOR LIVESTREAM 2016 CANDIDATE TOURNAMENT
http://livestream.com/accounts/7928738/events/4950193/
(this happened to be blocked in some country...just try it)

LIHAT ROUND 1
LIHAT ROUND 3
Lihat Round 7
Lihat Round 10

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...