Sunday, December 13, 2015

Magnus Carlsen Pecatur Terkuat di London dan Grand Chess Tour 2015

Tournament catur super elite yang berlangsung di London akhirnya usai. Pecatur nomor satu dunia dan penyandang juara dunia, grandmaster Magnus Carlsen membuktikan dominasinya di dunia catur dengan tampil sebagai pemenang terakhir. Turnamen London Chess Classic 2015 yang merupakan bagian ketiga dari rangkain seri Grand Chess Tour 2015 berlangsung sejak minggu lalu dan berakhir tadi pagi waktu Indonesia (tengah malam waktu London). Sebanyak 9 rounds dipertandingkan di London. Diikuti sepuluh pecatur rating terkuat dunia, turnamen ini berjalan sangat alot. Hampir setiap round hanya menghasilkan satu partai bulat dengan empat partai lainnya berakhir remis. Banyak yang membandingkan turnamen ini dengan turnamen kandidat penantang catur 2016, yang notabene diikuti hampir separuh peserta yang sama. Sehingga pecatur-pecatur di London harus bermain dengan strategi di dua turnamen, agar persiapan mereka di turnamen kandidat tidak terbuka di London.

Di round 9, Magnus Carlsen menjegal pecatur Russia Alexander Grischuk di partai Sisilia Moscow di mana Carlsen memegang buah putih.



Sementara keempat papan lainnya hanya menghasilkan hasil remis. Dengan hasil ini didapatkan tiga peserta dengan nilai akhir yang sama, yaitu GM Anish Giri dan Maxime Vachier-Lagrave yang sama dengan Magnus Carlsen. Melalui peraturan tie break yang spesifik, akhirnya dilangsungkan partai play off.  Maxime Vachier-Lagrave meladeni Anish Giri duluan. Hasilnya adalah 2-1 untuk pecatur asal Prancis MVL.

Di match ke-2, Maxime berhadapan langsung dengan Magnus Carlsen. Sayangnya kejutan Maxime tidak berjalan dengan lancar karena Magnus Carlsen masih terlalu kuat untuk ditundukkan di format seperti ini. Hasil akhir adalah 1.5-0.5 untuk keunggulan Magnus Carlsen.

Magnus Carlsen vs Maxime Vachier-Lagrave 1-0, London 2015
Maxime Vachier-Lagrave vs Magnus Carlsen 1/2-1/2, London 2015


Setelah memuncaki poin di London Classic 2015, ternyata hasil ini cukup untuk mengantarkan Magnus Carlsen sebagai pemenang keseluruhan seri Grand Chess Tour 2015. Poin Magnus Carlsen melompati Veselin Topalov dan Hikaru Nakamura yang sebelumnya bertengger di posisi pertama. Namun di London, hasil sangat jelek dari Topalov mengakibatkan posisi pertamanya lepas begitu saja. Sedangkan Hikaru Nakamura harus gigit jari karena dengan hasil pertemuannya dengan Magnus Carlsen di round 7 lagi-lagi menghasilkan kekalahan di pihak Nakamura. Sekedar catatan, Carlsen sudah membukukan score 12-0 tanpa balas ke Nakamura di partai catur waktu kontrol klasik.  Hasil akhir London Chess Classic 2015 dan Grand Chess Tour adalah :

London Chess Classic 2015 Final Standings
1. Magnus Carlsen 5.5
2. Anish Giri 5.5
3. Maxime Vachier-Lagrave 5.5
4. Levon Aronian 5.0
5. Fabiano Caruana 4.5
6. Michael Adams 4.5
7. Alexander Grischuk 4.5
8. Hikaru Nakamura 4.0
9. Vishy Anand 3.5
10. Veselin Topalov 2.5

Grand Chess Tour, Overall Final Standings

1. Magnus Carlsen 26
2. Anish Giri 23
3. Levon Aronian 22
4. Maxime Vachier-Lagrave 20
5. Hikaru Nakamura 19
6. Veselin Topalov 18
7. Fabiano Caruana 14.5
8. Vishy Anand 14
9. Alexander Grischuk 12
10. Michael Adams 5.5
11. Jon Ludvig Hammer 1
12. Wesley So 1


Carlsen vs MVL tie break play off for London Chess Classic 2015 champion



Magnus Carlsen proved he still dominating the top chess league by becoming the end champion of both London chess Classic 2015 and Grand Chess Tour 2015. Photo link

Magnus Carlsen melengkapi kebahagiaannya dengan sebuah twitter / kicauan:

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...