Wednesday, September 2, 2015

Levon Aronian Menang / Wins Sinquefield Cup 2015

Setelah melewati sembilan babak, Levon Aronian akhirnya keluar sebagai pemenang turnamen catur super piala Sinquefield Cup 2015. Turnamen catur paling ngetop top dunia ini digelar di Amerika Serikat tepatnya di kota Saint Louis. Turnamen ini adalah bagian dari seri catur Grand Chess Tour yang sebelumnya sudah dilangsungkan di kota Stavanger (Norwegia, dimenangkan Veselin Topalov) dan kemudian akan dilanjutkan di kota London sekitar akhir tahun 2015 nanti.

Babak sembilan hanya melihat satu partai yang berakhir 1-0 yaitu partai Nakamura vs Alexander Grischuk. Hikaru Nakamura menyerang pertahanan Sisilia Grischuk dengan serangan Rossolimo hingga langkah 77. Partai yang cukup liar ini sebenarnya berjalan seimbang, namun Grischuk mulai kehabisan waktu dan di langkah 48 tak bisa menemukan jawaban yang tepat dan selanjutnya mulai tidak akurat hingga akhirnya kalah. Partai lainnya semua remis. Lihat partai catur di bawah.

Di Saint Louis, pecatur Levon Aronian dari Armenia diyakini balik ke puncak performanya dengan mengumpulkan nilai 6. Juara dunia catur Magnus Carlsen musti puas diposisi ke-tiga dan pecatur Belanda Anish Giri yang duduk di ranking 2. Bersama Maxime Vachier-Lagrave dan Hikaru Nakamura, keempat mereka mengumpulkan nilai 5. Posisi bontot terpaksa diduduki Wesley So yang tampil dengan penampilan kurang mantap, disusul Fabiano Caruana dan Viswanathan Anand.

Sinquefield Cup 2015, Final Standings:
1 Aronian, Levon 6
2 Giri, Anish 5
3 Carlsen, Magnus 5
4 Vachier-Lagrave, Maxime 5
5 Nakamura, Hikaru 5
6 Topalov, Veselin 4.5
7 Grischuk, Alexander 4.5
8 Anand, Viswanathan 3.5
9 Caruana, Fabiano 3.5
10 So, Wesley 3

Walau demikian secara gabungan seri Grand Chess Tour, Veselin Topalov masih mengumpulan nilai terbanyak dengan 17 point. Hadiah cukup besar pun dibuahkan untuk pecatur-pecatur top 10 dunia ini berdasarkan prestasinya di seri ini. Hari selanjutnya dilanjutkan dengan acara main catur bersama antara semua peserta catur ini ditambah mantan juara dunia Garry Kasparov dan komentator GM Yasser Seirawan. Mereka akan tanding catur beregu dipimpin oleh konglomerat sekaligus patron catur Saint Louis Chess Club, Rex Sinquefield dan lawannya adalah anaknya, Randy Sinquefield.


Berikut partai-partai catur dari babak sembilan.

Vachier-Lagrave, Maxime vs Giri, Anish ½-½
C78 Ruy Lopez Moeller Defence


Nakamura, Hikaru vs Grischuk, Alexander 1-0
B51 Sicilian Rossolimo

analisis Bahasa Inggris dari GM Robert Hess dari chess.com.


Topalov, Veselin  vs Aronian, Levon ½-½
D39 QGD Ragozin


Anand, Viswanathan  vs Carlsen, Magnus ½-½
C67 Ruy Lopez Berlin


Caruana, Fabiano  vs So, Wesley ½-½
A15 English counter King's Fianchetto



2 hari setelah babak terakhir ini dilangsungkan upacara penutupan dan kemudian satu hari untuk para pecatur top dunia bersenang-senang di acara ULTIMATE MOVES. Acara ULTIMATE MOVES ini adalah tanding ganti-gantian antara 2 regu. 1 regu dipimpin captain Rex Sinquefield , sang patron club catur St Louis dan 1 regu dipimpin anaknya, Randy Sinquefield. 2 regu ini diisi para pecatur top tadi. Mereka saling bergantian main satu partai catur, setiap grandmaster kebagian 5 langkah, diganti grandmaster lainnya. Hasil akhir dari partai pertama dimenangkan oleh tim Randy, karena si ayah blunder parah diposisi yang sebenarnya sudah menang.

Berikut video di Youtube khusus acara Ultimate Moves in, yang memang harus ditonton sendiri agar bisa lebih dinikmati daripada dilaporkan begitu saja.


acara catur gembira ULTIMATE MOVES di Saint Louis setelah tournament Sinquefield Cup 2015. Tampak Wesley So sedang kebagian tugas melangkah melawan Maxime Vachier Lagrave di partai pertama acara tanding berganti-gantian ini

setelah itu Yasser Seirawan memberi pijitan semangat kepada Levon Aronian yang segera turun melawan Alexander Grischuk

Yasser Seirawan yang kedapatan langkah melawan Garry Kasparov sangat senang karena posisi nya yang sudah bagus, katanya " Ini posisi terbaikku melawan Garry setelah 20 tahun...wkwkwkwkwk..."


Lihat laporan red-white-chess.blogspot.com di ronde 4.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...