Tuesday, June 16, 2015

Magnus Carlsen Kalah Waktu Lawan Topalov - Norway Chess 2015

Turnamen catur super dunia di seri Grand Chess Tour baru saja berlangsung. Seri pertama Grand Chess Tour ini berlangsung di Norwegia, tepatnya kota Stavanger. Kota Stavanger City berpopulasi sekitar 130 ribu jiwa dan menjadi kota wisata yang ramai di daerah Scandinavia. Turnamen catur Grand Chess Tour - Norway 2015 pun berlangsung di Hotel Scandic Stavanger Forus dari tanggal 16 June 2015 hingga 26 June 2015.

Sepuluh pecatur teratas dunia dipertandingkan di tournamen ini, dimulai dari Magnus Carlsen hingga hampir semua top 10 elo rating FIDE. Hanya Jon Ludvig Hammer yang merupakan peserta hasil kualifikasi yang cuma ratingnya 2677-an. Selebihnya semua adalah undangan. Turnamen ini dirancang oleh Garry Kasparov.

Di ronde pertama pairing dan hasilnya adalah :

1 . GM Giri Anish  1 –  0 GM  Grischuk Alexander
2.  GM Anand Viswanathan 1/2 – 1/2 GM Caruana Fabiano
3. GM Magnus Carlsen 0 - 1 GM Veselin Topalov
4. GM Hikaru Nakamura 1 - 0 GM Jon Ludvig Hammer
5. GM Maxime Vachier-Lagrave 1 - 0 GM Levon Aronian

[lihat round 2]

Di ronde pertama, hasil paling dramatis adalah di partai catur Magnus Carlsen melawan Veselin Topalov. Bermain dengan buah putih, Carlsen dihadapkan dengan pertahanan solid dari Topalov melalui partai pembelaan Slav Meran. Walau demikian, kehandalan spesialis Carlsen mulai ditunjukkan, hingga langkah 34, Topalov terpaksa membiarkan bidaknya berkurang satu dari Carlsen. Kedua pecatur memasuki babak ending dengan formasi Menteri+Gajah tak satu warna (Queen + opposite color Bishops), dengan putih unggul satu pion. Setelah manuver berkali-kali Magnus Carlsen mampu mencapai bangunan yang teoritis segera dimenangkan. Namun kenyataan pahit harus diterima Magnus Carlsen karena mencapai langkah 60, Carlsen tidak tahu bahwa jam kontrol yang dipakai di turnamen ini tidak MENAMBAH waktu setelah 60 langkah. Carlsen kalah waktu / flagged di posisi menang melawan Veselin Topalov.

Time Control at Norway Chess 2015:
Players receive 2 hours for the first 40 moves, then 1 hour for the rest of the game, with a 30 second bonus per move starting from move 41


Magnus Carlsen lost on time vs Veselin Topalov in winning position
Grand Chess Tour - Norway Chess


Position where Magnus Carlsen lost on time


Partai Catur Magnus Carlsen vs Veselin Topalov 0-1, Stavanger 2015
D45 - Semi-Slav / Meran Defence



Di partai lain, Vishy Anand dengan sabar meladeni pertahanan Ruy Lopez Berlin dari Fabiano Caruana dan hasil draw dicapai setelah 37 langkah dengan posisi endgame opposite color bishops.

Hikaru Nakamura men skak mate / checkmate pecatur tuan rumah terlemah, Jon Ludvig Hammer di langkah 53 partai pembukaan Inggris / English Opening. Pecatur Prancis Maxime Vachier-Lagrave mengalahkan pecatur Armenia Levon Aronian. Maxime sebelumnya menjuarai ajang pemanasan blitz yang digelar satu hari sebelumnya. Lalu Anish Giri menang melawan pecatur Russia Alexander Grischuk melalui partai yang bisa dikategori sebagai pembukaan Sisilia variasi Rossolimo.

Partai Catur Hikaru Nakamura vs Jon Ludvig Hammer 1-0, Stavanger 2015
A20 English Opening

Anish Giri vs Alexander Grischuk 1-0, Stavanger 2015
B31 - Sicilian Rossolimo

click [...]


LIHAT LIPUTAN :
ROUND 1 - MAGNUS CARLSEN KALAH WAKTU LAWAN TOPALOV
ROUND 2 - FABIANO CARUANA KALAHKAN MAGNUS CARLSEN
ROUND 4 - ANAND TAMBAH KEKALAHAN CARLSEN
ROUND 8 - ANAND KEJAR TOPALOV
ROUND 9 - VESELIN TOPALOV JUARAI NORWAY CHESS 2015

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...