Wednesday, June 24, 2015

Anand Kejar Topalov - Norway Chess 2015 Round 8

Anand (hampir) Kejar Topalov - Norway Chess 2015 Round 8

Pertarungan para pecatur elit top 10 di kota Stavanger dalam turnamen Norway Chess 2015 mencapai babak 8 dari 9 babak yang direncanakan. Di babak-babak sebelumnya Veselin Topalov menambah "keberuntungannya" dengan terus menabung poin hasil dari menang melawan Jon Ludvig Hammer di round 5 dan Alexander Grischuk di round 6. Namun di babak 8 ini Veselin akhirnya dikalahkan pecatur muda Anish Giri dari Belanda. Sementara itu Vishy Anand mengalahkan Jon Ludvig Hammer dan membuat dirinya sekarang bisa mengejar posisi no.1 dari Veselin Topalov. Anand memiliki nilai 5.5/8 sementara Topalov nilainya 6/8. Keduanya akan bertemu di babak 9 antara Veselin Topalov vs Viswanathan Anand, mengingatkan kita pada duel dwi tarung kejuaraan catur dunia beberapa tahun silam antara kedua pecatur ini. Jika Anand berhasil mengalahkan Topalov dia akan memenangkan turnamen Norway Chess 2015, yang merupakan seri pertama dari Grand Chess Tour. Juara pertama akan memperoleh 13 point.

Tournamen Norway Chess di website official

Mari kita lihat sekilas babak 9 yang baru selesai kemarin malam.

Partai Catur  Vishy Anand – Jon Ludvig Hammer 1-0:


Sebelumnya semua pecatur di Norway Chess 2015 melawan Jon Ludvig Hammer dengan pembukaan English dan Anand pun "terpaksa" ikut-ikutan. Kata Anand, "You have to play the English with Jon. I didn't want to be the only one not to do it,” said GM Vishy Anand. “More to the point, it is the opening where he has shown his guts.” Artinya, "kamu harus memainkan (pembukaan) English melawan Jon, aku ndak mau menjadi satu-satunya yang tidak melakukan itu, lebih-lebih, itu adalah pembukaan di mana dia menunjukkan keberaniannya".

Lalu Magnus Carlsen bercerita pula:
Hammer: “I don't understand why people are playing English against me. It's a bad opening.” (Saya nggak ngerti kok semua orang main English melawan saya. Itu pembukaan yang jelek"
Carlsen:Everyone will [be] playing it against you.” (Semua orang akan main itu lawan elu)
Hammer:No, not Anand. He doesn't play bad openings.” (Tidak, Anand ndak. Dia tidak main pembukaan jelek)

Alhasil, Anand pun memainkan English Opening dan menang melawan Hammer di round 8 ini. Hammer melakukan blunder di 33…g6??, walaupun setelah keluar dari pembukaan Hammer nampak bertahan dengan baik.


Partai Catur Carlsen – Aronian 1-0:


Sang juara dunia memilih variasi 6.d3 dan walaupun sempat ditekan Aronian jadi menang. Aronian blunder parah di krisis waktu setelah Carlsen sebelumnya juga blunder ringan. Carlsen bilang bahwa banyak gamenya melawan Aronian terjadi demikian, dia ditekan habis-habisan tapi bisa menang karena Aronian kerap kali blunder.

Round 8 of Norway Chess 2015, Anand catch Topalov as Topa defeated by Anish Giri

Giri – Topalov:

Di pembukaan Catalan ini Anish Giri terlihat lebih siap. Topalov setelah berkali-kali beruntung akhirnya menderita kekalahan. Menurut pakar Topalov memang tidak cocok bermain dengan posisi diserang karena dia lebih bertipe penyerang. Dengan hasil ini, Anand bisa saja mengejar Topalov yang sudah duduk di pucuk pimpinan klasemen sejak round 1.

Grischuk – Caruana 1/2-1/2:

Pembelaan Catalan yang solid, perwira-perwira ringan ditukar. Caruana bisa saja membuka center dengan 29...e5. Endgame benteng dan kuda, alhasil jadi remis / draw.

Nakamura – Maxime Vachier-Lagrave 1/2-1/2:

Pecatur Prancis, Maxime Vachier-Lagrave tetap favorit memainkan Sicilian Najdorf. Nakamura mengijinkan langkah e5 dan bermain bangunan Qd3 dan Nd5. Nakamura cukup menekan dan unggul pion. Maxime bertahan dengan baik dan hasilnya remis.

ROUND 8 STANDINGS - NORWAY CHESS 2015:

1 Topalov, Veselin 6/8 2798
2 Anand, Viswanathan 5½/8 2804
3 Giri, Anish 5/8 2773
4 Nakamura, Hikaru 5/8 2802
5 Carlsen, Magnus 3½/8 2876
6 Caruana, Fabiano 3½/8 2805
7 Vachier-Lagrave, Maxime 3½/8 2723
8 Aronian, Levon 3/8 2780
9 Grischuk, Alexander 3/8 2781
10 Hammer, Jon Ludvig 2/8 2677

JADWAL ROUND 9 - FINAL ROUND :
Vachier-Lagrave VS Grischuk
Aronian VS Nakamura
Hammer VS Carlsen
Topalov VS Anand
Caruana VS Giri

LIHAT LIPUTAN :
ROUND 1 - MAGNUS CARLSEN KALAH WAKTU LAWAN TOPALOV
ROUND 2 - FABIANO CARUANA KALAHKAN MAGNUS CARLSEN
ROUND 4 - ANAND TAMBAH KEKALAHAN CARLSEN
ROUND 8 - ANAND KEJAR TOPALOV
ROUND 9 - VESELIN TOPALOV JUARAI NORWAY CHESS 2015
tags :     Cavani     #VamosChileCTM     Valdivia     #LaVozFinal    Tabarez    #WeAreReadyForLarry     Sulli    #PartyChilensisFtLaRoja    Godin    #BB17 #CJRAtNewEatBulagaANTV #WatchNewStitchesVideo #CumaBisma Sulli #PrillyNgehostDiInboxSCTV Walt Disney #WarnaDiPro2  #WatchNewStitchesVideo #1Dfragrance
#dogefamily #WeLoveYouCarter #LARRYISCOMINGBACK stavanger hotel norway garry kasparov

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...