Friday, April 24, 2015

Duel Catur Garry Kasparov vs Nigel Short 2015

(this article written in English style, google translate can picked up most of it)
Apakah anda penggemar catur yang cukup tua untuk mengingat moment tahun 1993 di mana Garry Kasparov berduel catur melawan Nigel Short untuk gelar juara dunia. Saat itu catur memang masih merupakan bacaan hangat di media massa Indonesia dan penulis ingat partai-partai catur Kasparov vs Short juga menghiasi surat kabar di Indonesia. Di awal era '90, Garry Kasparov memutuskan untuk menyudahi kisah kasihnya dengan memutus hubungan dengan FIDE.

Garry Kasparov kemudian memulai hidup baru dengan mendirikan badan tandingan yaitu PCA. Sebagai menu utamanya, Garry Kasparov pun menyunting Nigel Short sebagai calon penantang untuk berduel memperebutkan gelar catur dunia, versi PCA. Di duel tahun 1993 tersebut Nigel Short dengan telak dikalahkan Garry dengan score 12.5 - 7.5. Garry Kasparov mengukuhkan dirinya sebagai juara dunia catur sampai akhir tahun 2000 di mana Vladimir Kramnik mengalahkan dia. Di sisi lain, FIDE memajukan Anatoly Karpov sebagai juara dunia versi FIDE. Karpov mengalahkan Jan Timman di duel catur FIDE. Pembaca bisa melihat salah satu permainan partai catur Nigel Short vs Lubomir Ljubosevic di LINK ini, reproduksi kliping jadul tabloid Bola oleh Lugito Hayadi.

Lebih dari 20 tahun kemudian, Garry Kasparov reuni dengan Nigel Short untuk kembali berduel catur, sebagai ajang exhibition , di kota Saint Louis. Ajang seru ini akan digelar tanggal 26 April 2015, atau tepatnya besok hari. Di ajang bertajuk "Battle of the Legends" ini, kedua pecatur akan bermain 2 partai catur cepat disusul 8 catur kilat. Schedule resmi dari website Saint Louis Chess Club.


Siaran langsung ajang duel catur ini akan disiarkan di semua website catur popular misalnya chessbomb dan lain-lain. Diperkirakan waktu di Indonesia tepat Jam 2:00 subuh pula!

Di hari pertama, Garry Kasparov mendominasi dwitarung ini. Di partai catur cepat / rapid, Garry Kasparov menguasai permainan, namun di saat waktu sudah menipis dia pun gagal menemukan langkah yang tepat untuk menghabisi  Nigel Short. Garry Kasparov tidak ketemu langkah akurat 24.Qh4! , yang kemudian di twit di Twitternya:



Sepanjang game catur kilat lainnya, Nigel Short sukses digebuk Kasparov 3-1. Nigel Short berharap strateginya bermain pembukaan aneh-aneh bisa mengurangi kekuatan Kasparov. Namun Kasparov tetap mampu bermain taktis walaupun keluar dari "buku" pembukaan.

BERIKUT HASIL DWITARUNG Persahabatan Garry Kasparov vs Nigel Short 2015
Battle of the Legends

Rapid Game 1: Garry Kasparov vs Nigel Short 1/2-1/2, St Louis 2015
E11 Bogo Indian Defence

Blitz Game 1: Nigel Short vs Garry Kasparov 0-1, St Louis 2015
A36 English Botvinnik

Blitz Game 2: Garry Kasparov vs Nigel Short 1-0, St Louis 2015
B00 Owen / Nimzowitsch Defence

(select games ...)
Blitz Game 3: Nigel Short vs Garry Kasparov 0-1, St Louis 2015
A01 Larsen Opening

Blitz Game 4: Garry Kasparov vs Nigel Short 1-0, St Louis 2015
B00 Queen's Pawn

(select games ... )

UPDATED : HASIL HARI KE-2 , DWITARUNG LEGENDA CATUR
GARRY KASPAROV VS NIGEL SHORT, KASPAROV BANTAI NIGEL SHORT


Di ajang ini juga diumumkan berita hangat percaturan elit dunia. Yaitu akan dimulai tiga turnamen catur super bertajuk "Grand Chess Tour" yang akan berlangsung di tiga kota : Stavanger - Norwegia, Saint Louis - USA dan London - Inggris.  Turnamen super Grand Chess Tour ini akan diikuti top 9 pecatur elit dunia dan 1 pecatur wild card undangan dari organizer. Sementara LINE UP resmi yang telah diumumkan adalah:

1. Magnus Carlsen, Norway
2. Fabiano Caruana, Italy
3. Alexander Grischuk, Russia
4. Veselin Topalov, Bulgaria
5. Viswanathan Anand, India
6. Levon Aronian, Armenia
7. Anish Giri, Netherlands
8. Hikaru Nakamura, USA

Pecatur Rusia Vladimir Kramnik ikut diundang namun menyatakan mundur dari tantangan ini. Sementara pecatur top ten lainnya yang tidak termasuk adalah Wesley So , pecatur Filipina yang menjadi federasi USA ini hingga sekarang ada di top ten dunia.

Jelas bergulirnya turnamen super ini adalah atas prakarsa Garry Kasparov dan beberapa konglomerat fans catur lainnya, paling memungkinkan adalah mister Rex Siquenfeld dari Saint Louis.

Sempat beredar beberapa bulan lalu tentang keikut sertaan JAKARTA di seri turnamen ini, apakah masih hidup wacana tersebut mari kita harapkan bersama.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...