Monday, February 2, 2015

Irine Kharisma Sukandar 3/3 at Moscow Open 2015

(ulasan bahasa indonesia ada di bawah)

While all attentions go to giant tournaments such as in Grenke 2015 and Gibraltar 2015, Moscow Chess Open 2015 has also started now. This open tournament again boast in the "most-" record with the most chess players to participate. This year the tournament set in 8 groups, starting Group A Master where  Ian Nepomniachtchi and Francisco Vallejo Pons top seeded, the other groups are veteran, students, woman and so on. Moscow Open or RSSU Cupt set from 31st January to 8th February 2015 in Moscow.

As the stories goes, Indonesian chess fans are enjoying the good show performed by IM Irine Kharisma Sukandar, who compete in group G, student grandmaster category. In this round robin, 10 female chess player are playing. IM Alina Kashlinskaya is top seed. After 3 rounds, Irene score perfect three points, victories against WGM Petra Papp Petra in white side of Najdorf Sicilian. Round 2 against WFM Polina Rodionova, where even though Irine admit she mixed up the Petroff opening move order, yet still manage to hold and win in a tactical rook end game.  Round 3 saw she outplayed Irina Drogovoz in main line Scheveningen Sicilian with only 27 moves. With this, Irene currently solely lead the group. You can read her interview on official website. And also please kindly remember that Irine is Indonesian chess player, our first woman grandmaster indeed :)

Quote from IM Irine in social media

Moscow Open 2015 - RSSU Cup - Group G - Standing after 3 rounds:
1. IM Sukandar Irine Kharisma 2392 INA 3
2. IM Kashlinskaya Alina 2444 RUS 2
3. WGM Mammadzada Gunay 2334 AZE 2
4. WGM Saduakassova Dinara 2406 KAZ 2
5. Drogovoz Irina 2218 RUS 1.5
6. WGM Papp Petra 2285 HUN 1.5
7. WGM Enkhtuul Altan-Ulzii 2258 MGL 1.5
8. WIM Iwanow Anna 2288 POL 1
9. WIM Severina Maria 2233 RUS 0.5
10. WFM Rodionova Polina 2184 RUS 0

In Open section, Indonesia sent two players : GM Susanto Megaranto and FM Muh. Ali Lutfi. Both with 2/3 score at the moment. Ali Lutfi got his moment when he defeat GM Ivan Bukavshin in round 2, an opponent almost 200 rating above him. Meanwhile 9 players are on 3/3 score in Moscow Open 2015.

Moscow Open 2015 - RSSU Cup - Group A - Standing after 3 rounds:
1. GM Grachev Boris RUS 2670 3
2. GM Xiu Deshun CHN 2543 3
3. IM Atabayev Maksat TKM 2496 3
4. GM Iljushin Alexei RUS 2515 3
5. GM Inarkiev Ernesto RUS 2675 3
6. IM Zakhartsov Vladimir RUS 2421 3
7. GM Korobov Anton UKR 2687 3
8. GM Fedoseev Vladimir RUS 2668 3
9. IM Atabayev Yusup TKM 2415 3
10. GM Nepomniachtchi Ian RUS 2714 2.5

OFFICIAL WEBSITE

Minggu ini dengan sekian banyak turnament catur menarik di berbagai tempat (ada Gibraltar Open 2015 dan Grenke 2015), perhatian penggemar catur Indonesia kembali bertumpu pada pecatur-pecatur Indonesia yang sedang berlaga di kota Moscow. Mereka adalah GM Susanto Megaranto, FM Muhammad Ali Lutfi dan IM Irine Kharisma Sukandar. Mereka didampingi official Bunawan Bong. Susanto dan Ali bermain di group A Master, sedangkan Irene tampil di Group G kelompok student atas undangan panitia. Turnamen ini juga dikenal sebagai RSSU Cup, dan jangan salah dengan turnamen Aeroflot Open yang juga biasanya digelar setelah Moscow Open.

Irine 3/3
Setelah melalui ronde 3, yang paling menonjol adalah Irine yang memetik point sempurna tiga kemenangan dari tiga babak. Irine mengalahkan   WGM Petra Papp Petra dengan buah putih di partai pembukaan Sisilia Najdorf. Di Ronde 2, Irene menang melawan WFM Polina Rodionova, walaupun Irine mengakui agak salah urutan langkah pembukaan Petroff, namun lawannya yang memegang buah putih kurang tepat bermain di permainan tengah dan di babak endgame. Irine dengan gesit mampu memanuver bentengnya di pertahanan lawan sekaligus memenangkan endgame benteng ini.  Ronde 3, Irine ketemu sama Irina Drogovoz, di partai Sisilia Scheveningen ini Irene lebih memahami dan menang dalam tempo 27 langkah saja. Hasil ini membuat Irene ada di urutan pertama klasemen sementara dengan nilai 3. Saingan terkuat Irine adalah pecatur wanita yang sangat pesat perkembangannya belakangan ini yaitu IM Alina Kashlinskaya dari Russia, dan juga WGM Dinara  Saduakassova dari Kazakhstan. 

UPDATED: IRINE JUARA MOSCOW CHESS OPEN 2015



Sepak Terjang Irine tertuang dalam wawancara singkat Irine dengan reporter tuan rumah di website ini. Beberapa cuplikan interviewnya adalah :

"Moscow adalah selalu merupakan kota yang ingin saya kunjungi, harus saya kunjungi... " - Irine

"Saya tidak bisa mengatakan catur populer di Indonesia, tapi banyak juga yang main. Tentu tidak sepopuler di Rusia. Catur tidak ada di kurikulum pendidikan Indonesia. Catur dipelajari sebagai kegiatan extra kurikuler, tidak wajib. Kami memiliki sekolah catur, klub catur, namun dibanding Rusia (tentu) kami tidak ada apa-apanya." - Irene

 Sementara ini melalu akun sosial medianya, Irine juga sharing pengalaman unik di mana panitia catur sering salah menuliskan singkatan federasi Indonesia dengan "IND", yang merupakan singkatan India. Di mana hal ini bisa diakibatkan karena dia sendiri sering dikira sebagai pecatur asal India, terkait nama tengahnya "Kharisma" yang mirip nama Karisma Kapoor. Lihat cuplikan gambar di atas.

Susanto Megaranto Solid, Ali Lutfi Kalahkan Grandmaster Russia
Sedangkan kedua pecatur Indonesia tetap bertarung di group A, group terkuat di turnamen ini. Berita gembira dipetik dari FM Ali Lutfi yang mengalahkan GM Ivan Bukavshin di ronde 2, pecatur Russia yang ber-elo rating 2600-an. Namun di ronde tiga Ali takluk di tangan IM Matsat Atabayev. Sementara Susanto Megaranto masih tetap solid tak terkalahkan , dua remis dan satu kali kemenangan. Keduanya di nilai 2/3 hingga ronde 3.

Turnamen Moscow Open 2015 bisa diikuti LIVE sekitar pukul 20:00 an di waktu Indonesia Barat.

Berikut Partai catur Irine Kharisma Sukandar vs Irina Drogovoz ronde 3.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...