Wednesday, February 4, 2015

Carlsen Tumbang di Grenke 2015 - Irine Perkuat Posisi di Moscow Open 2015

Berbagai tontonan catur dari grandmaster dunia menghiasi monitor komputer di bulan February 2015. Selain sepak terjang Hikaru Nakamura yang semakin kuat hingga ronde 9 di Gibraltar, ada juga super turnamen catur di kota Baden-Baden Jerman, yaitu Grenke Chess Classic 2015. Delapan pecatur papan atas dipertemukan di kota Baden Baden ini. Juara dunia Magnus Carlsen beserta mantan juara Viswanathan Anand. Lalu Fabiano Caruana dan Levon Aronian, keduanya (mantan) peringkat dua dunia. Disusul pecatur kuat Inggris Michael Adams, dan pecatur Prancis Etienne Bacrot. Dua pecatur terakhir adalah dari tuan rumah GM Arkadij Naiditsch dan David Baramidze.

Naiditsch defeated Carlsen, twice in a row - GRENKE Chess Classic 2015



Magnus Carlsen Tumbang
Di ronde 3 semalam berita utamanya adalah kekalahan Magnus Carlsen melawan Arkadij Naiditsch. Ini merupakan kekalahan kedua berturut-turut yang diderita Magnus Carlsen karena sebelumnya Naiditsch berhasil menoreh luka dalam ke Carlsen saat pertemuan di Olimpiade Catur Tromso tahun lalu, di mana Naiditsch menang. Di partai pembukaan Modern ini, Carlsen yang dipihak buah hitam bermain agresif dengan langsung mengkorbankan satu gajah utuh untuk dua bidak dan membuka posisi sayap raja putih. Walaupun terlihat garang, korban ini diyakini tidak "gigit" karena semua mampu diatasi putih. Walau demikian, keuletan Magnus Carlsen terlihat dengan berhasil mengiring partai catur ini ke arah yang berbahaya bagi buah putih. Di babak endgame, Naiditsch musti sangat berhati-hati melawan empat bidak lepas Carlsen dengan posisi raja putihnya yang ada di pojok. Namun ketelitian endgame dari Naiditsch teruji dengan baik karena mampu menjawab semua problem endgame ini, Carlsenpun menyerah melihat tidak ada cara lain untuk memenangi partai ini di saat bidak satu-satunya putih siap promosi.

Lihat partai catur Arkadij Naiditsch vs Magnus Carlsen 1-0, GRENKE Chess Classic 2015

Hasil lain di babak tiga ini adalah Michael Adams menggebuk David Baramidze, David merupakan pecatur "terlemah" secara rating. Levon Aronian bermain terlalu "biasa" di partai Nimzo-Indian melawan Caruana dan harus menderita kekalahan lagi, mengakibatkan Levon sekarang hampir tidak ada di posisi top-ten FIDE. Anand ditahan remis oleh Bacrot.

Urutan sementara peringkat GRENKE Chess Classic 2015 after Round 3:

1. Naiditsch, Arkadij 2
2. Caruana, Fabiano 2
3. Anand, Viswanathan 1½
4. Bacrot, Etienne 1½
5. Carlsen, Magnus 1½
6. Adams, Michael 1½
7. Aronian, Levon 1
8. Baramidze, David 1

Tonton GRENKE Chess Classic 2015 sekitar pukul 21:00 Western Indonesia Time


Irine Kharisma Sukandar Menang di Ronde 5 - Moscow Open 2015 Group G

Sementara itu, tontonan lain di turnamen catur Moscow Open 2015 lebih menarik lagi. Keikut sertaan pecatur-pecatur Indonesia di turnamen terbuka inipun asyik disimak karena IM Irene Kharisma Sukandar tampil prima hingga ronde 5. Di ronde ini, Irine bertemu pecatur kuat dari Azerbaijan, WGM Gunay Mammadzada. Partai panas pun berlangsung di pembelaan Sisilia di mana memegang buah putih, Irene melakukan serangan Moscow, atau juga terkenal dengan variasi Rossolimo gajah skak ke b5. Melalui manuver panjang sebenarnya Gunay Mammadzada sudah bagus menguasai petak dan putih harus terdesak di wilayah pertahanan. Namun di partai yang kompleks ini, hitam masih kurang sabar, mengakibatkan melalui analisis yang tepat, Irine bisa memecahkan problem dan mencapai endgame yang lebih 'playable'. Di babak endgame juga hitam tidak akurat , Irine pun memetik poin penuh dan memantapkan posisi di klasemen sementara Group G ini.

Urutan Sementara Moscow Open 2015 Group G - Student Grandmaster
1. IM Sukandar Irine Kharisma 2392 INA 4.5
2. IM Kashlinskaya Alina 2444 RUS 3.5
3. WGM Saduakassova Dinara 2406 KAZ 3
4. WGM Papp Petra 2285 HUN 3
5. WIM Iwanow Anna 2288 POL 3
6. WGM Mammadzada Gunay 2334 AZE 2.5
7. WGM Enkhtuul Altan-Ulzii 2258 MGL 2
8. Drogovoz Irina 2218 RUS 1.5
9. WIM Severina Maria 2233 RUS 1
10. WFM Rodionova Polina 2184 RUS 1

Dua pecatur Indonesia lain, Susanto Megaranto dan Muhammad Ali Lutfi harus tetap berjuang setelah draw antar keduanya di ronde 4, dan kembali draw di ronde 5. Keduanya ada di nilai 3/5 klasemen sementara, bisa dilihat full result di SINI.

IM Irine Kharisma Sukandar on 4.5/5 - Moscow Open 2015 Group G



Partai Catur Irine Kharisma Sukandar vs Gunay Mammadzada 1-0, Moscow Open RSSU 2015 Group G



Tonton Moscow Open Chess 2015 di Official Website sekitar pukul 20:00 Western Indonesian

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...