Sunday, November 23, 2014

Duel Catur Nakamura vs Aronian - Showdown in Saint Louis 2014

Selain partai duel Carlsen vs Anand yang sedang berlangsung di Sochi 2014, di separuh dunia lainnya sedang berlangsung pula duel seru "tandingan" GM Hikaru Nakamura vs Levon Aronian. Grandmaster Hikaru Nakamura adalah pecatur Amerika Serikat keturunan Jepang yang sekarang menjadi pecatur terkuat dan no.1 di Amerika Serikat. Nakamura sendiri sekarang adalah pecatur urutan ke-7 dunia versi live rating. Nakamura dikenal sebagai pecatur yang sangat tajam, sangat taktis dan spesialis di catur kilat. Lawannya adalah grandmaster super Levon Aronian dari negeri Armenia. Levon Aronian pada waktu duel ini berlangsung berada di urutan 6 dunia catur versi live rating. Tentu saja kedua pecatur ini jika di adu menjadi tontonan serius penggemar catur.

Penyelenggara dwitarung ini adalah klub catur Saint Louis di Amerika Serikat. Nama dari dwitarung ini adalah "Showdown in Saint Louis". Saint Louis Chess Club ini adalah klub catur dari Amerika yang sedang giat-giat nya membangun kekuatan catur baru di Amerika. Di sponsori oleh jutawan Rex Sinquenfield, klub ini juga yang menyelenggara Sinquenfield Cup yang barusan berlangsung bulanan lalu.

Hikaru Nakamura dan Levon Aronian adalah dua pecatur yang diyakini akan menjadi saingan Magnus Carlsen dalam beberapa tahun ini. Walaupun Hikaru Nakamura sendiri hingga saat ini belum pernah mengalahkan Carlsen di partai catur klasik, namun Nakamura sendiri sangat ambisius untuk menjatuhkan si juara dunia. Untuk Levon Aronian, dia adalah pecatur yang bisa dikatakan saingan paling realistis untuk si Carlsen. Levon sering menempati urutan ke-dua menurut peringkat FIDE dan tampak waktunya untuk merongrong tahta catur Magnus Carlsen akan sebentar lagi tiba. Menurut pengamatan catur, kedua pemain ini ditambah Fabiano Caruana adalah generasi pecatur dunia masa kini.

Dwitarung Hikaru Nakamura vs Levon Aronian dijadwalkan akan main sebanyak 4 ronde catur klasik, disusul 16 ronde catur kilat / blitz. Hingga tulisan ini dibuat, ronde pertama dimenangkan Nakamura dan dibalas ronde dua dimenangkan Aronian. Di ronde pertama berlangsung di partai Gambit Menteri Ditolak variasi pembelaan  Ragozin di mana gajah hitam cepat mengancam di b4 seperti di Nimzo India. Nakamura memenangkan permainan tengah dengan membuat perwira-perwiranya lebih aktif hingga ke endgame benteng+gajah. Walaupun material sama kuat, namun Aronian tidak bisa menahan desakan serangan di sayap raja.

Di babak kedua melalui pembukaan English variasi Neo-Catalan, kedua pemain bermain panjang di variasi teori dan baru di langkah 11 Aronian membuat langkah baru kuda ke a3 (11.Na3). Setelah melewati permainan tengah, kedua pemain masuk ke endgame gajah vs kuda. Lagi-lagi pertempuran endgame yang sama kuat ini tidak berlangsung mulus untuk hitam karena di langkah 38..a5, Nakamura komitmen membiarkan bidak b putih menjadi bidak lepas yang akhirnya sulit dicegah. Nakamura menyerah dan sementara score 1-1.

UPDATE: Ronde 3 dan 4 berakhir remis. Di partai catur kilat, Nakamura menggasak Levon Aronian dengan score 9.5-6.5 dari 16 babak.

Dwitarung ini dibarengi dua turnamen IM dan GM di Saint Louis. Di turnamen GM, pecatur muda Samuel Sevian menyapu bersih empat partai dan bersiap-siap meraih gelar grandmaster nampaknya. Hadir di turnamen GM ini adalah grandmaster Ben Finegold yang aktif di klub catur Saint Louis ini. Semua partai disiarkan LIVE dan dikomentari oleh GM Yasser Seirawan dan WGM Jennifer Shahade, waktu kira-kira subuh di Indonesia.

In paralel to World Chess Championship between Carlsen vs Anand in Sochi, Hikaru Nakamura is going face to face against Levon Aronian in Saint Louis. The match was dubbed SHOWDOWN IN SAINT LOUIS. As we learn from their official WEBSITE, the match going to be four classical games and 16 blitzs. Not bad for a non stop 24 hour of top ten chess games for a week. In just two rounds, both Nakamura and Aronian wounded each other with two decisive games, all for white favors. The games looks to be quite equal and leads to interesting endgames, the white players seems always won the positional battle. In the GM tournament, Samuel Sevian is on fire with perfect four scores on four rounds so far. He was actually in much trouble against IM Andrey Gorovetz when the later simply missed the tactical combo at move 33.. Bxg4, which bring Samuel back to life with QRB vs RRBB endgames.


dwitarung catur seru lainnya di minggu ini, Showdown in Saint Louis , GM Hikaru Nakamura vs GM Levon Aronian, with Yasser Seirawan and Jennifer Shahade LIVE commentaries


Partai Catur dwitarung Hikaru Nakamura vs Levon Aronian, Saint Louis 2014

Round 1


Round 2 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...