Friday, November 14, 2014

Anand decided for a draw vs Carlsen - Rd 5 WCC Sochi 2014

Round 5 of World Chess Championship 2014 in Sochi, Anand decided for a draw against Magnus Carlsen. Round 5 was a Queen's Indian Defence system chosen by Carlsen. It was rather dubious game indeed, tension arise when Carlsen decided for an aggressive pawn grabbing at 22...Qxb2, perhaps Carlsen's most uncharacteristic move so far. This lead to open battle with dynamic play on white side. Then when the ball all up to Anand, the challenger decided to play for a draw! Mysterious moves 26.Kg2! and 27.Ra4! will probably remained un-answered for its result. GM Hikaru Nakamura indeed, in his twitter, correct in assessment that other moves lead to a draw only. The two player indeed analysis both possibility in the pers conference.


 Pertarungan Magnus Carlsen vs Vishy Anand di Sochi 2014 kembali dilanjutkan, malam ini adalah partai ronde ke-5. Hasil partai ronde 5 dwitarung catur dunia ini berakhir remis. Walau demikian penggemar catur sempat disuguhkan partai seru. Ronde lima berjalan di pembelaan Hindia Menteri, (Queen's Indian Defence) dari Magnus Carlsen. Tentu Carlsen tidak ingin mengulang kekurang suksesannya di pembelaan Gruenfeld dan Gambit Menteri Ditolak sebelumnya. Anand tampak cukup menguasai, namun Carlsen terlihat lebih familiar dengan langkah persiapannya. Selepas babak pembukaan, Carlsen tidak terlalu mampu mencari celah untuk serangan balik. Namun saat Carlsen mengambil bidak b2 di langkah 22, tensi pertandingan menjadi memanas. Hal ini disebabkan bidak yang 'beracun' ini memeras satu tempo dari hitam, dan tempo tersebut bisa dimanfaatkan putih untuk membuat serangan cukup berbahaya di rank ke-7. (by red-white-chess.blogspot.com)

Carlsen harus bermain defensif dari langkah ini. Misteriusnya, setelah nampak keuntungan posisi yang cukup kuat dari putih, Anand justru memilih langkah-langkah yang mempercepat hasil remis. Dua langkah jagoan dari para grandmaster yang banyak menonton dan berkicau di Twitter, yaitu 27.Kg2 dan 27.Ra4 , tidak dijalankan Anand. Alhasil, setelah pertukaran bidak di sayap menteri, partai ini pun segera remis. Hasil duel kedua pemain pun berubah skor menjadi 2.5 - 2.5.


World Chess Championship alias kejuaraan dunia catur ini digelar dari tanggal 7 November 2014 hingga 28 November 2014, 12 ronde dijadwalkan dengan tambahan tie break jika diperlukan. Turnamen berlangsung di kota Sochi, Rusia. Setiap partai akan disiarkan LIVE melalui website resmi dan juga pasti direlay beberapa website LIVE chess lainnya. Website official ada di http://www.sochi2014.fide.com/ .

Komentar / Anotasi Catur WCC 2014 Sochi , Carlsen - Anand :
Round 1: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus ½-½ 48 D85 Gruenfeld Defence
Round 2: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1-0 35 C65 Ruy Lopez Berlin
Round 3: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1-0 34 D37 QGD 5.Bf4
Round 4: Carlsen, Magnus - Anand, Viswanathan 1/2-1/2 B40 Sicilian Kan
Round 5: Anand, Viswanathan - Carlsen, Magnus 1/2-1/2 E15 QID Fianchetto Variation
Round 6: Carlsen  - Anand 1-0 B41 Sicilian Kan Bronstein Variation
Round 7: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 8: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D37 QGD 5.Bf4
Round 9: Carlsen - Anand 1/2-1/2 C67 Ruy Lopez Berlin
Round 10: Anand - Carlsen 1/2-1/2 D97 Gruenfeld Defence Russian variation

 Berikut komentar partai catur ronde kelima duel Anand vs Carlsen di WCC (World Chess Championship) 2014 dalam bahasa Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber dan pengamatan sendiri.




round 5 - World Chess Championship 2014, both player Anand and Carlsen were aware of the possibility of Ra4!?



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...