Wednesday, March 19, 2014

Topalov Kalahkan Kramnik - Rd 6 Candidates Tournament 2014

Veselin Topalov received his first point after defeating his nemesis, Vladimir Kramnik. Making 2014 Candidates Tournament another good day, as in round 6, Shakhriyar Mamedyarov also won against Peter Svidler. Svidler handle a Leningrad Dutch versus Shakh, but blunder away a fair equal position starting at 24..h6?, then 27...Re6? 28.Bf7!. Aronian failed to pleased the fans by giving away advantage and draw to Andreikin. Anand, thrice in a row, draw easily against Karjakin.

2014 FIDE CANDIDATES TOURNAMENT 
Round 6 Standing - Official website

1. Anand, 4
2. Aronian 3.5
3. Svidler 3
4. Mamedyarov 3
5. Topalov 3
6. Kramnik 3
7. Karjakin 2.5
8. Andreikin 2

all chess viewer courtesy of chess.com

Topalov, Veselin (2785) vs. Kramnik, Vladimir (2787)
ECO: D37 | 1-0
Di ronde 6 turnament Kandidate FIDE 2014, perhatian fans catur ada di papan Topalov vs Kramnik. Maklum, kedua musuh bebuyutan ini harus saling berhadapan dan sejak insiden Toilet gate di Elista, mereka bermain tanpa kontak fisik alias salam-salaman. Ini adalah game klasik mereka yang pertama sejak tahun 2008, karena memang keduanya saling hindar di turnamen-turnamen dunia. Kramnik menjawab tantangan Topalov dengan Gambit Menteri Ditolak (QGD), tapi melalui variasi yang jarang 8.Be5, Topalov perlahan membuat partai catur ini memihak pada putih. Kramnik akhirnya kalah dalam 41 langkah melihat bidak lepas Topalov tidak bisa dicegah kecuali melalui korban perwira.



Anand, Viswanathan (2770) vs. Karjakin, Sergey (2766)
ECO: C67 | 1/2-1/2
Anand yang sementara ada di posisi pertama kembali bermain aman, meremiskan permainan dalam 33 langkah melawan Karjakin. Di partai catur Ruy Lopez ini, variasi tukar-tukaran dengan mudah dilakoni kedua pecatur. Karjakin yang masih sangat muda ini juga terlihat puas. Hasil remis ini membuat Anand masih menduduki peringkat 1 di klasemeun sementara dan enjoy memasuki rest day ke dua.



Mamedyarov, Shakhriyar (2757) vs. Svidler, Peter (2758)
ECO: A81 Leningrad Dutch | 1-0
Di partai catur seru lainnya adalah Mamedyarov mengalahkan Svidler di ronde enam. Svidler yang mampir di turnamen Kandidat penantang catur dengan tiket tamu undangan, membuat hasil cukup menggembirakan dari ronde-ronde sebelumnya. Menghadapi pecatur tajam seperti Mamedyarov, Svidler gagah berani memainkan pembelaan Dutch / Belanda. Pembelaan yang juga tajam ini sebenarnya sudah berjalan dengan baik, tapi blunder Svidler membuat tugas Mamedyarov menjadi ringan, partai ini pun berakhir menang, walaupun di posisi terakhir, Putih masih perlu beberapa langkah lagi untuk bisa memperlihatkan keunggulan penuh.


Aronian, Levon (2830) vs. Andreikin, Dmitry (2709)
ECO: A11 | 1/2-1/2
Sementara ini, Levon Aronian membuat kecewa penonton dengan gagal membukukan hasil penuh, walaupun sudah unggul posisi. Bidak lepas Aronian di file-A menjadi ancaman terberat buat pecatur Rusia Dmitry Andreikin, lawannya. Namun pertahanan hitam di endgame benteng ini ternyata cukup baik. Aronian juga gagal mengejar Anand dengan hasil remis ini.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...