Monday, August 19, 2013

Piala Dunia Catur 2013 Babak 16 Besar - Zuniga dan Liem Melaju

Bagi penggemar catur, minggu ini kembali bisa menyaksikan aksi-aksi pecatur dunia di ajang Piala Dunia Catur edisi tahun 2013. Berhelat di kota Tromsø yang terletak di ujung utara Eropa, negeri Viking Norwegia. Sekilas info, Norwegia sedang giat-giatnya membawa olahraga catur untuk lebih populer, terutama karena negeri Norwegia sekarang adalah negeri kelahiran pecatur nomor satu dunia terkini, Magnus Carlsen. Selain menggelar Piala Dunia Catur 2013, kota Tromsø juga akan menyelenggarakan Olimpiade Catur tahun 2014, ajang yang juga akan diikuti pecatur Indonesia.

Pecatur dunia ramai-ramai travelling ke Utara negeri Norwegia untuk bertanding di Piala Dunia Catur Tromso 2013 (kotanya ditunjuk anak panah)

Sayangnya, di Piala Catur Dunia 2013, pecatur-pecatur Indonesia tidak kebagian tiket karena tidak lolos di zona penyisihan. Tiket dari zona Asia Tenggara tampaknya habis diborong pecatur Vietnam dan Phillipina. Tidak sia-sia kedua negara tersebut turun di Tromsø, di mana pecatur Vietnam Grand Master Le Quang Liem menjadi salah satu peserta yang melaju hingga ronde ke empat atau babak 16 besar. Pecatur popular Philipina lainnya, Wesley So sebelumnya telah terjungkal di babak ke dua, dikalahkan oleh pecatur Rusia Evgeny Tomashevksy. Tomashevsky ini jugalah yang menjungkal kan pecatur unggulan pertama dari Armenia, GM Levon Aronian di ronde ke tiga.

Beberapa cerita menarik dari PD Catur hingga babak ke tiga adalah, pecatur termuda dari China GM Wei Yi yang baru berusia 14 tahun berhasil melaju hingga babak ke-3. Dia kemudian kalah oleh GM Shakriyar Mamedyarov hanya setelah bersusah payah di babak play off ronde 3 melalui partai catur cepat. Cerita lain adalah sentimen positif penggemar catur kepada pecatur gaek (well, baru berusia 44 tahun)... dari Peru, GM Julio Granda Zuniga. Zuniga ini mengalahkan hampir semua pecatur kuat, mulai dari GM Peter Leko di babak ke-2 dan kemudian pecatur muda GM Anish Giri di babak ke-3. Zuniga akan dipertemukan dengan pecatur muda lainnya dari Italy, GM Fabiano Caruana.

Babak ke-4 / 16 Besar Piala Dunia Catur / 2013 Chess World Cup, pairing nya adalah:

Evgeny TOMASHEVSKY (Rusia) vs Alexander Morozevich (Rusia) 
di mana statistik pertemua kedua nya adalah berpihak pada Tomashevsky. Tetapi Morozevich adalah salah satu pecatur tangguh yang jadi favorit karena permainannya kreatif.

Gata Kamsky (USA) vs Shakriyar Mamedyarov (Azerbaijan)
Keduanya bertemu banyak kali dan sementara score nya sama unggul. Gata Kamsky punya pengalaman yang lebih tinggi dari Mamedyarov karena dulunya adalah penantang catur yang berduel melawan Karpov.

Sergey KARJAKIN (Rusia) vs Dmitry Andreikin (Rusia)
Karjakin adalah pecatur muda Ukrainia yang pindah negara ke Russia, sementara Karjakin lebih diunggulkan.

Peter Svidler (Rusia) vs LEE QUANG LIEM (Vietnam)
Pecatur andalan Vietnam ini adalah satu-satunya wakil Asia. Le Quang Liem mengalahkan pecatur kuat Russia Alexander Grischuk, dan harus bertemu juara bertahanan Piala Dunia Catur, Peter Svidler. Keduanya sama kuat dan popular di mata fans.

Fabiano CARUANA (Italy) vs Julio Granda Zuniga (Peru)
Fabiano Caruana sangat beruntung karena di babak play off dia sudah dalam posisi mate tujuh langkah, tetapi lawannya blunder dan dia pun masuk ke 16 besar. Julio Granda Zuniga sementara memperoleh dukungan moril yang tinggi dari fans catur dunia. Ini adalah partai yang cukup kontras, Julio adalah ter-tua di sini dan Caruana termuda. Julio juga pecatur ber elo rating terendah sementara Caruana adalah unggulan ke-dua dengan rating tertinggi.

Vladimir KRAMNIK (Rusia) vs Vasily Ivanchuk (Ukrainia)
Sama-sama pecatur satu angkatan, Kramnik dan Ivanchuk sih sudah main catur bareng lebih dari seratusan partai. Sementara Kramnik di mantan juara catur dunia unggul di statistik pertemuan. Tetapi Ivanchuk adalah salah satu pecatur flamboyan favorite pemirsa.

Vassily Ivanchuk, sudah berkali-kali ketemu lawan ronde 4 nya, Vladimir Kramnik

Boris GELFAND (Israel) vs Maxime Vachier-Lagrave (Prancis)
Di gaek dari Israel Boris Gelfand yang juga masih sarat prestasi akan melawan pecatur muda dari Prancis Maxime Vachier-Lagrave. Akankah Gelfand kembali membuat kejutan seperti saat dia memenangkan Piala Dunia di tahun 2009?

Hikaru Nakamura (USA) vs Anton Korobov (Ukrainia)
Juga salah satu favorit dari USA, Hikaru Nakamura adalah peserta yang paling nyantai karena selalu berhasil menamatkan lawannya dalam dua games, tanpa perlu masuk ke babak tambahan. Sementara itu Anton Korobov adalah pecatur kurang dikenal dari Ukrainia, perkiraan...Hikaru bisa melaju.

Demikian tulisan sharing ini tentang Piala Dunia Catur 2013. Semua partai bisa ditonton dengan seru lengkap dengan analisa komputer dan komentar dari ibu Susan Polgar. Link nya adalah http://www.chessworldcup2013.com/live

Dan Papan diagram untuk Piala Dunia Catur ini:

untuk review berita catur lebih detail ada di postingan berbahasa Inggris di sini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...