Wednesday, August 28, 2013

Chess World Cup 2013 Tromsø Final - Kramnik vs Andreikin

Chess World Cup 2013, hosted by Tromsø, Norwegia and scheduled from Sunday, August 11th and lasts until September 3rd (tiebreaks, closing ceremony). On this Knock Out event, the final pairing has now been reach. Vladimir Kramnik will meet Dmitry Andreikin. Just as we know, Kramnik defeated Maxime Vachier-Lagrave in Semifinal and Dmitry Andreikin defeated Evgeny Tomashevsky. Both reach the rapid tie break to achieve that. The semi final was the anti climax for both Maxime and Tomashevsky who been a tournament surprises so far.

And now, please enjoy the graphical statistic for head to head meeting between Andreikin vs Kramnik. The chessgames.com databases showing Andreikin on +2 score against Kramnik on classical chess time control!


Andreikin's post semi final tie break interview with Nigel Short and Dirk Jan ten Geuzendam > VIDEO
official website http://www.chessworldcup2013.com/ , stats and data compiled from official site and chessgames.com

With Kramnik advancing to Final, Sergey Karjakin celebrate his ticket to Candidate match in 2014. Kramnik and Aronian said already qualified to there.

more story to follow......

Pertarungan pecatur memperebutkan Piala Dunia Catur tahun 2013 di Tromso akhirnya sampai di babak final. Pecatur Vladimir Kramnik sesuai harapan berhasil menggapai final dengan mengalahkan pecatur asal Prancis Maxime Vachier-Lagrave. Dia akan berhadapan dengan pecatur muda berusia 23 tahun dari Rusia Dmitry Andreikin. Andreikin sendiri adalah kuda hitam yang juga mengalahkan pecatur kejutan di semi final yaitu Evgeny Tomashevsky. Bermain solid ke empat pecatur di semi final terpaksa masuk ke babak play off dan masing-masing mengalahkan lawannya 1.5-0.5 di babak catur cepat.

Kramnik yang adalah mantan juara dunia 2000-2007 akan berhadapan dengan Andreikin yang adalah juara dunia junior tahun 2010 dan juara Rusia tahun 2012. Babak Final akan berlangsung di hari Jumat 30 Agustus 2013. 

Turnamen Piala Dunia ini juga berguna untuk memilih dua pecatur untuk mendapat tiket ke turnamen Kandidat Juara Dunia. Dari hasil semi final bisa diketahui bahwa Andreikin sukses memperoleh tiket tersebut. Uniknya Kramnik dan pecatur Armenia Levon Aronian juga sebelumnya telah kualified untuk turnamen Kandidat, dengan tampilnya Kramnik di babak final, pecatur lainnya Sergey Karjakin akan memperoleh hadiah tiket ke-empat.

Pecatur yang akan tampil di turnamen Kandidat 2014:

1. Yang kalah di partai Juara Dunia November 2013, antara Anand atau Magnus Carlsen
2. Levon Aronian, pecatur rating tertinggi
3. Vladimir Kramnik, finalist Piala Dunia 2013
4. Dmitry Andreikin, finalist Piala Dunia 2013
5. Sergey Karjakin. pecatur rating tertinggi
6. Veselin Topalov, peraih nilai tertinggi di Grand Prix yg sedang berlangsung
7. peraih nilai tertinggi kedua di Grand Prix yang sedang berlangsung
saat ini adalah Shakhriyar Mamedyarov , namun kalau Alexander Grischuk ATAU Fabiano Caruana tampil sebagai pemenang 1 di GP Paris, maka mereka yang akan menjadi peraih nilai tertinggi kedua mendepak Mamedyarov


8. undangan wild card dari panitia, musti pecatur berating 2725

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...