Saturday, September 17, 2011

Partai Catur Piala Dunia 2011 - Final Grischuk vs Svidler

Event Piala Dunia Catur / World Cup di Khanty Mansiysk sedang berlangsung di awal bulan September 2011. Dan hingga malam ini, turnamen ini telah mencapai babak final dengan partisipan GM Alexander Grischuk tampil menantang GM yang lebih veteran, yaitu GM Peter Svidler. Grischuk sebelumnya menumbangkan GM Vassily Ivanchuk yang juga seangkatan Svidler dalam partai semifinal, di mana Ivanchuk melakukan blunder di partai catur cepat tie break ke-tiga. Akibatnya Ivanchuk musti bertarung kembali dengan GM Ruslan Ponomariov (yang dikalahkan Svidler di semifinal) demi memperoleh tiket ke turnamen Kandidat. Piala Dunia kali ini menghadiahkan tiga tiket ke turnamen Kandidat (untuk menantang juara dunia GM Viswanathan Anand), yaitu juara I, II dan III. AdWords campaign , car insurance

Di laga final kemaren GM Peter Svidler telah mengumpulkan satu point penuh hasil kemenangannya dengan buah hitam. Grischuk melakukan kesalahan taktis di partai mereka yang berlangsung dengan pembelaan Sisilia variasi Kan. Komentar untuk partai tersebut sudah saya terjemahkan di PGN viewer di bawah ini.

Di laga final hari ini (partai kedua), Svidler - Grischuk main remis, tetapi justru Ivanchuk berhasil mencuri satu poin dari Ponomariov (di laga perebutan juara III). Sangat diharapkan favorit saya, Ivanchuk bisa ikut tampil kembali di turnamen Kandidat, di mana sepanjang karir Ivanchuk dia hampir tidak pernah "menggapai" tangga untuk menjadi Kandidat penantang Juara Catur Dunia. Grischuk, Ponomariov dan Svidler sendiri masing-masing sudah pernah mengenyam prestasi dunia, Ponomariov adalah mantan Juara Piala Dunia 2002, Svidler pernah masuk ke turnamen Kandidat beberapa tahun lalu dan Grischuk barusan tahun ini dikalahkan pecatur Israel Boris Gelfand di partai final Kandidat catur tahun ini, di mana Boris Gelfand menang dan berhak menantang juara Dunia dari India Viswanathan Anand. Berikut partai catur Grischuk - Svidler. (game viewer ini lebih lancar tampil di desktop/laptop, tidak lancar di android)

Link Turnamen Piala Dunia ini domain hosting name
http://chess.ugrasport.com/

Partai Pembelaan Sisilia Kan
Partai Catur Alexander Grischuk vs Peter Svidler, 0-1 Khanty-Mansiysk 2011 Round 7
ECO B45 - Sicilian Kan

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...