Tuesday, May 3, 2011

Dwitarung Kandidat (Candidates Matches) 2011

Putaran memperebutkan gelar Juara Dunia Catur segera dimulai hari ini. Acara dwitarung kandidat / candidates matches segera dimulai sebagai langkah pertama untuk menentukan siapa yang berhak menantang sang juara incumbent adalah Vishy Anand. Partai-partai dwitarung kandidat yang diikuti 8 pecatur adalah :

Topalov - Kamsky
Veselin Topalov adalah mantan juara dunia, yang tahun lalu dikalahkan Viswanathan Anand. Dia diberi hak tampil sebagai kandidat penantang dengan tiket sebagai pecundang no.2 melawan juara dunia.

Gata Kamsky adalah mantan penantang juara dunia sejak jaman Karpov. Pernah absen bertahun-tahun dari dunia catur dan sekarang menjadi warga US. Gata Kamsky memperoleh tiket kandidat sebagai wakil juara dari turnamen Piala Dunia. Kamsky vs Topalov adalah pengulangan partai kandidat mereka, sebelumnya Topalov menang dan maju menantang Anand (dan kalah).


Kramnik - Radjabov
Kramnik juga mantan juara, title yang langsung direbut dari Kasparov. Kramnik diberi tiket berdasarkan elo ratingnya yang (sangat) tinggi.

Teimour Radjabov adalah pecatur Azerbaijan, memperoleh tiket melalui ajang FIDE Grand Prix sebagai juara dua. Ini adalah debut terpenting Radjabov dalam urusan merebut juara Dunia catur.

Aronian - Grischuk
Levon Aronian adalah pecatur Armenia, tiketnya diperoleh melalui ajang FIDE Grand Prix sebagai juara pertama. Sebelumnya dia adalah mantan juara Piala Dunia dan pernah ikut turnamen kandidat di putaran sebelumnya.

Alexander Grischuk adalah wakil kedua satu-satunya dari Rusia (setelah Kramnik). Dia memperoleh tiket berkat mundurnya pecatur rating tertinggi sekarang (Magnus Carlsen), berdasarkan penampilannya sebagai juara tiga di FIDE Grand Prix.

Gelfand - Mamedyarov
Boris Gelfand adalah juara Piala Dunia tahun lalu, pecatur yang paling senior dari peserta kandidat sekarang.

Mamedyarov adalah pecatur beruntung yang masuk ke partai kandidat. Ceritanya acara kandidat ini akan dilaksanakan di kota Baku, Azerbaijan. Panitia memperoleh satu tiket gratis untuk diberikan kepada pecatur 'nominasi' dan Mamedyarov adalah yang beruntung mendapatkan, karena dia adalah pecatur terbaik di Azerbaijan. Karena situasi politik yang kurang baik antara Azerbaijan dan Armenia, menyebabkan peserta kandidat lainnya Levon Aronian bermasalah dalam penampilan di Baku. FIDE kemudian memindahkan venue pelaksanaan turnamen kandidat di kota Kazan, Rusia. Sedangkan Mamedyarov tetap dipertahankan walaupun tidak lagi sebagai pecatur dari tuan rumah pelaksanaan.

Pertandingan akan dilaksanakan dalam empat partai di babak 1 dan 2, dan babak final sebanyak 6 partai.  Segera partai-partainya bisa disaksikan di chessbomb. Pertandingan kandidat berlangsung hingga 26 May 2011.

Lihat http://en.wikipedia.org/wiki/World_Chess_Championship_2012

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...