Sunday, July 12, 2009

Dwi Tarung Kasparov Karpov 2009

For those who stays outside the Earth here the news about the Kasparov vs Karpov in September 2009. At below is the old Indonesian chess article reporting on Kasparov - Karpov 1990 match. The game taken from round 3 where Kasparov sac a Queen for a Rook and a Knight. The game ended draw. Note that Indonesian version of Algebric notation where ; K=Knight G=Bishop B=Rook M=Queen R=King.

The game can be found at chessgames here, Karpov - Kasparov 1990 , 1/2-1/2 .


Bulan September ini positif akan diselenggarakan pertandingan dwi tarung antara dua mantan juara catur dunia, Gary Kasparov dan Anatoly Karpov. Dwitarung ini akan berlangsung di Valencia dan maksud dan tujuannya ialah demi memperingati paling nggak dua hal. Pertama ialah peristiwa historik di mana di kota Valencia lah pertama kalinya buah Menteri atau Ratu dianugrahkan kemampuan untuk melangkah langkah seperti yang kita kenal sekarang. Sebelumnya melalui permainan yang dinamai "Shatranj" si Ratu ini hanya mampu melangkah dan menangkap lawan seperti buah bidak biasa.

Peristiwa kedua yang diperingati ialah di Spanyol juga kedua musuh buyutan ini melangsungkan dwi tarungnya di tahun 1987. Masa-masa dwi tarung itu juga diyakini sebagai salah satu masa keemasan di sejarah catur, di mana partai terakhir dari pertandingan tersebut disiarkan langsung ke seluruh dunia dan diikuti langsung oleh 13 juta pemirsa. Tentunya hal ini tidak terlalu mengada-ngada karena melalui ingatan sang penulis yang udah buram ini, masih teringat di mana surat kabar lokal di Pontianak, saat itu bernama Akcaya (sekarang Pontianak Post) kerap menyediakan laporan pertandingan tersebut. Tentu di masa itu penulis belum mengerti banyak catur apalagi notasinya. Akan tetapi melalui obrolan di warung kopi (di mana rumah penulis pernah difungsikan sebagai warung kopi selama beberapa tahun) sering terdengar ada gosip mengenai pertandingan ini di antara pecatur pecatur yang nongkrong di warkop tersebut.

Pertandingan di bulan September nanti ialah 12 babak, terdiri dari 4 babak catur cepat dan 8 babak catur kilat. Karpov saat ini lagi terlibat di turnamen cukup kuat yaitu Donastia. Hingga dituliskan blog ini, beliau agak sengsara berada di posisi kunci hasil kalah dari dua pecatur muda Hikaru Nakamura dan Vachier-Lagrave Maxime dan seri melawan mantan juara dunia Ruslan Ponomariov dan pecatur gaek Julia Granda Zuniga.
Gary Kasparov sendiri sudah pensiun beberapa tahun lalu dan sekarang rajin berkampanye sebagai caleg di partai oposisi Rusia. Rating terakhir Kasparov berada di atas 2800 dan kemungkinan besar masih cukup untuk mengalahkan Karpov. Jadi, siapakah yang akan menang nanti? Apakah Kasparov yang berhenti bermain catur selama beberapa tahun atau Karpov yang masih aktif hingga detik ini?

Untuk merayakan kabar gembira ini, berikut sebuah artikel yang ditulis bung Lugito Hayadi di tabloid Bola mengenai dwi tarung mereka di tahun 1990-an. Selamat menikmati.

1 comment:

  1. don't think to much imajination for chess
    which make u super lazy in your life

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...