Sunday, February 22, 2009

Topalov vs Kamsky 2009 3 & 4

Selang satu hari istirahat pertandingan dilanjutkan.

Ronde Tiga

Kembali Kamsky bermain pertahanan Gruenfeld dan kali ini Topalov memilih variasi ratu di b3. Setelah itu permainan berlangsung hingga 37 langkah dan draw setelah Kamsky bermain skak berulang-ulang. Kali ini kontrol waktu Kamsky cukup baik.

Lihat :
Analisis GM Mihail Marin Chessbase
Analisis GM Dimitrov Chessdom
Langkah per langkah oleh Susan Polgar

Ronde Empat

Kamsky balas memenangkan ronde ini membuat posisi pertandingan menjadi 2-2 . Topalov dengan hitam kembali bermain di Ruy Lopez, pembukaan yang sebenarnya sangat familiar bagi Kamsky. Variasi yang dimainkan namanya "Zaitzev" dan ditandai dengan fianchetto Gajah hitam di diagonal b7.

Langkah 26.b3! Kamsky mengorbankan bidak demi perkembangan buah perwiranya agar lebih mantap. Dalam hal ini Kamsky memperoleh tempo untuk mengembangkan Gajah hitam dan Benteng nya yang masih pasif. Kamsky akhirnya berhasil mengalahkan hitam hingga langkah 73.

Impresi setelah babak ini adalah sepertinya Kamsky berpeluang besar mengalahkan Topalov di babak selanjutnya, kekalahan di ronde dua lebih dikarenakan managemen waktu yang jelek. Babak tiga dan empat menunjukan setelah kelemahan waktu Kamsky diperbaiki dia mampu mendominasi Topalov.

Lihat :
Analisis GM Mihail Marin di Chessbase
Analisis GM Dimitrov di Chessdom
Langkah per langkah oleh Susan Polgar

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...