Friday, February 20, 2009

Topalov vs Kamsky 2009 1 & 2

Heboh catur saat ini adalah dwitarung Veselin Topalov vs Gata Kamsky. Bagi yang belum tahu Gata Kamsky memperoleh haknya ikutan berebut gelar Juara Dunia Catur Sejati (Undisputed World Chess Champion) dari hasil dia memenangkan World Chess Cup 2008. Sedangkan Veselin Topalov dapat hadiah tiket dari proses "chess champion reunification" yang complicated. Singkat cerita pertandingan antar kedua challenger ini jadi juga diselenggarakan di Sofia,Bulgaria, kampung halamannya Topalov. Pemenang dari dwitarung ini akan melawan Vishy Anand, (lagi-lagi) pemegang gelar juara dunia catur sekarang.

Ronde pertama

Pembukaan yang dimainkan adalah Pertahanan Gruenfeld di mana Kamsky adalah salah satu spesialis di sini. Selain itu salah satu asisten Kamsky, Emil Sutovsky juga disebut2 sebagai spesialis Gruenfeld juga. Asisten Kamsky yang lain adalah GM Evgeniy Najer, dan GM Andrei Volokitin, sedangkan Topalov masih tetap menggandeng pecatur muda GM Ivan Cheparinov, GM Vallejo Pons, dan GM Erwin L'Ami sebagai second nya.

Di langkah ke 17 Topalov memainkan bidak e7, yang diyakini sebagai novelty, memaksa Kamsky stop berpikir selama 45 menitan. Setelah itu Kamsky menjawab dgn 17 ... Bd7 mengantisipasi serangan dari hasil pertukaran bidak di files f dan juga menghubungkan kedua bentengnya untuk bantu bertahan.

Selanjutnya Topalov bermain tajam hingga akhir pertandingan tapi Kamsky selalu berhasil menjaga pertahanan dan mencari penyederhanaan. Hasil draw disepakati di langkah 36 setelah buah Ratu Kamsky memperoleh cela untuk menyerang Raja putih berulang-ulang.

Impresi ronde pertama adalah Topalov bermain dgn persiapan pembukaan yang mantap tetapi Kamsky selalu berhasil menetralkan serangan putih. Walaupun tanda2 Kamsky tak mampu mengontrol waktunya mulai terlihat.

Lihat : analisis GM Mihail Miran di Chessbase
analisis GM Dimitrov di Chessdom


Ronde Dua

Kamsky bermain 1.e4 dan game pun sampai di pertahanan Ruy Lopez, Berlin Defence. Langkah ke-empat Topalov kembali bermain kejutan 4...Bc5 memaksa Kamsky kembali berpikir lamaaaaaa sebelum melanjutkan. Sedangkan Topalov seperti main blitz sepanjang permainan, mungkin curi-curi pikir di waktunya Kamsky. Tapi , seriuosly, Kamsky main kelewat lambat...

Tipe game ini berlanjut tajam dan ujungnya kembali Topalov berhasil menyudutkan Kamsky dan Kamsky menyerah karna bidak d Topalov yang ada di jalur bebas terlalu berat untuk dibendung. Selain itu jam nya juga habis.

Impresi ronde dua adalah kembali Topalov mantap di pembukaan, tapi kelemahan Kamsky tampaknya ada di waktu pikirnya yang kelewat lama.

Lihat :
Analisis GM Mihail Marin di Chessbase
Analisis GM Dimitrov di Chessdom

selain itu pertandingan ini juga bisa diikuti LIVE melalui komentar :

Susan Polgar di Blog-nya

Nigel Short di Chessgames

Mig Greengard juga ada komen dikit-dikit di blog-nya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...